Internasional

Singapura Prediksi Serangan Gelombang Omicron Baru Juli 2022

ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID-Menteri Kesehatan Singapura, Ong Ye Kung, memprediksi negaranya akan menghadapi gelombang varian baru Covid-19 Omicron pada Juli mendatang.

Ong mendeteksi beberapa kasus subvarian baru dari BA.4 dan BA.5. Namun, jumlah kasus subvarian itu masih belum mendominasi Singapura dibanding subvarian BA.2 yang tercatat sebanyak 99 persen.

“Alasannya karena kami semua punya antibodi yang sangat tinggi, karena [program] vaksinasi kami, karena gelombang Omicron baru-baru ini. Dengan demikian tidak akan ada yang terjadi hingga beberapa bulan kemudian, saat antibodi mulai berkurang, lalu Anda bisa melihat BA.4 dan [BA.5] yang mungkin muncul Juli atau Agustus,” kata Ong dikutip Channel News Asia, seperti dikutip redaksi dari cnnindonesia, Selasa 7 Juni 2022.

Dia menambahkan bahwa perkiraan itu berdasar fakta bahwa begitu wabah mereda, Singapura memperkirakan gelombang lain akan meningkat, empat hingga enam bulan kemudian.

“Gelombang yang paling dominan akan naik, dan pada saat itu saya kira mungkin BA.4 atau BA.5,” ujar Ong lagi.

BA.4 dan BA.5 merupakan subvarian Omicron yang menjadi pemicu gelombang Covid-19 saat ini di Afrika Selatan.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Eropa telah menggolongkan subvarian itu sebagai varian of concern (VoC) atau yang menjadi perhatian.

Pada Mei lalu, Kementerian Kesehatan Singapura mendeteksi tiga kasus Covid-19, dua di antaranya terinfeksi varian BA.4 dan satu kasus lokal terpapar varian BA.5.

Pihaknya mengaku akan terus mengamati perkembangan kasus itu di AS dan Eropa. Sebab, gelombang Covid-19 baru mungkin akan terjadi di daerah-daerah tersebut sebelum mencapai Singapura.

“Yang terpenting bukan jumlah kasusnya, tapi berapa banyak orang yang sakit parah. Saya yakin dengan ketangguhan kita yang kuat, kita bisa melewati gelombang BA.4 dan BA.5,” tutur Ong.

Baca Juga :   PSI Jagokan Kaesang di Pilgub DKI Jakarta

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com