Kesehatan

Sunat Tanpa Suntik, Masih Sakit?

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Selain takut pada proses sunatnya itu sendiri, banyak anak laki-laku yang juga takut saat harus menghadapi suntik anastesi (bius). Suntik biasa saja menyeramkan, apalagi di alat kelamin.

Tapi semakin maju teknologi, kini sunat tidak perlu disuntik. Jika sebelumnya paling tidak seseorang diberikan dua suntikan untuk anstesi, di Rumah Sunat, jarum suntik untuk anastesi diganti dengan needle-free injection.

Alat ini mengantarkan cairan obat anstesi dengan menggunakan mekanisme semprot dibantu dengan tenaga pegas berkecepatan tinggi. Dengan kecepetan tinggi ini lah dapat menghasilkan pancaran cairan sehingga obat dapat berpenetrasi ke dalam kulit melalui pori-pori.

“Risiko needle, semprotnya tadi partikel-partikelnya lebih kecil sehingga pembuluh darahnya aman. Jadi mencegah bengkak juga,” kata dokter spesialis bedah saraf dari Rumah Sunat dr Mahdian Nur Nasution, SpBS saat ditemui di kawasan Matraman, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

Lalu apakah benar-benar bebas rasa sakit?

Menurut dr Mahdian, tujuan bius needle free injection memang untuk mengurangi trauma rasa sakit. Dengan alat ini, sensasi yang dirasakan pun jauh tidak sakit daripada menggunakan jarum suntik.

“Kalau pakai angin (needle-free injection -red) kayak disemprot air tapi relatif tidak sakit seperti di suntik… Karena anaknya tenang, si dokter nyunatnya lebih mudah, lebih cepet, lebih rapih,” ujarnya.

Alat needle-free injection ini terdiri dari tiga komponen utama, yaitu alat semprot cairan anastesi yang terbuat darii kaca dengan ukuran, injektor, dan pompa injektor.

“Di sana (Korea -red) ini nggak dipakai buat sunat, dipakainya buat kulit, misal dokter kulit mau nyuntik pakainya ini, dokter gigi mau cabut gigi di needle-free injection dulu. Karena di Korea nggak dipakai buat sunat, di Korea yang sunat tuh sedikit banget. Karena ini bagus nih makanya kita bawa ke Indonesia,” jelas dr Mahdian.

Baca Juga :   PLN Jamin Tidak Ada Kenaikan Tarif Listrik hingga Juni 2024

Detik.com

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 085171117123

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  085171117123

Copyright © 2016 @edunews.id

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com