Nasional

Surya Paloh Siapkan Skenario Pasangan Anies-Ganjar

Anies Ganjar

JAKARTA, EDUNEWS.ID-Fungsionaris DPP Partai Nasdem Sugeng Suparwoto mengatakan bahwa Ketum Partai Nasdem Surya Paloh mengusulkan skenario duet Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan sebagai calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

“Duet pasangan ini adalah dari salah satu skenario memasangkan Ganjar dan Anies. Skenario ini yang menurut hemat kami dan menurut Pak Surya juga termasuk skenario terbaik,” kata Sugeng di CNNIndonesia TV, dikutip Kamis (2/6/2022).

Meski demikian, Sugeng mengatakan duet ini sebagai salah satu skenario opsi yang ditawarkan. Bila nanti tak berhasil, Ia mengatakan pihaknya memiliki skenario lain untuk diajukan demi kepentingan negara dan bangsa.

Karenanya, Sugeng mengatakan Nasdem akan menggelar rapat pimpinan nasional (Rapimnas) pada pertengahan Juni mendatang. Salah satu agendanya untuk membahas skenario duet capres dan cawapres di Pilpres 2024.

“Dalam Rapimnas nanti, calon dari Nasdem ada tiga calon. Siapa-siapa dan kemungkinan-kemungkinannya, nanti terbuka siapa yang akan kita ajukan di [Rapimnas] tanggal 15 dan 16 Juni,” kata Sugeng.

Lebih lanjut, Sugeng mengatakan telah menghitung pelbagai aspek ketika menyodorkan skenario Ganjar-Anies tersebut. Salah satunya terkait faktor tingginya elektabilitas Ganjar dan Anies yang dipublikasikan oleh banyak lembaga survei.

Tak hanya itu, lanjut dia, pasangan ini juga dinilai ideal karena mampu mengarungi Pilpres 2024 mendatang tanpa ada luka-luka politik seperti yang telah terjadi sebelumnya.

“Bagaimana parpol lain merespons itu tergantung dari perspektif kepartaian. Kalau tak tercapai kita punya skenario lain. Skenario Ganjar-Anies ini termasuk skenario utama,” kata dia.

Sebagai informasi, Nasdem harus menggandeng atau berkoalisi dengan partai lain jika ingin mengusung capres. Pasalnya, perolehan suara Nasdem pada Pemilu 2019 lalu hanya 9,05 persen. UU Pilkada mengatur ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold harus sebesar 20 persen.

Baca Juga :   Ini Alasan NasDem Jakarta Dukung Ahmad Sahroni Jadi Cagub!

Sementara itu, Ketum Partai NasDem Surya Paloh menepis isu dirinya menyodorkan nama Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo ke Presiden Joko Widodo terkait Pilpres 2024.

Paloh mengatakan pertemuan dengan Jokowi hanya membicarakan banyak hal.

“Ya ketemu dengan Pak Presiden benar tapi tidak spesifik membicarakan hal itu. Nanya hal lain seperti apa yang tadi kita diskusikan dengan Pak Prabowo,” kata Surya Paloh usai bertemu dengan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto di NasDem Tower, Rabu (1/6).

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com