News

Tertimbun Longsor 3 Jam, Nenek 90 Tahun Selamat

Ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Seorang perempuan berusia 90 tahun terjebak selama tiga jam di bawah reruntuhan rumahnya yang hancur tertimpa longsoran tebing di Kampung Cikaret, Desa Cibalong, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (19/6/2020). Nenek tersebut berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat oleh petugas gabungan.

“Alhamdulillah dia dalam keadaan selamat, ada kemungkinan puing-puing rumah tertahan oleh kayu-kayu yang ada di rumah itu,” kata anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya Aam Muharom dikutip dari siaran CNNIndonesia TV, Jumat (19/6/2020).

Nenek tersebut mengalami luka di bagian kaki yang terhimpit reruntuhan material rumah dan langsung dibawa menuju Puskesmas terdekat.

Menurut Aam bencana longsor pagi tadi disebabkan intensitas hujan deras sepanjang dua hari ini yang mengguyur kawasan Cibalong. Selain rumah nenek tersebut, longsor juga menimbun satu rumah lain.

Kedua rumah mengalami rusak parah dan 15 rumah warga lainnya turut terdampak meski ringan.

Menurut keterangan Kapolsek Cibalong Kompol Dadad saat longsor terjadi warga yang lain sedang melaksanakan ibadah salat Subuh di surau, sehingga insiden kali ini tidak menimbulkan banyak korban.

“Tadi mendapat informasi dari masyarakat telah terjadi longsor di Cibalong RT 02/RW 01 yang menimpa dua rumah ya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cibalong Rahmat Sutedi menyatakan bencana tanah longsor serupa sudah terjadi selama tiga kali dalam setahun terakhir di tempat kejadian yang sama.

Insiden itu terjadi karena kontur tanah yang labil serta letaknya yang berada di tebing perbukitan. Kondisi akan semakin rawan saat musim penghujan.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, [kondisi] tanahnya labil memang,” ujar Rahmat.

Para petugas gabungan yang terdiri dari BPBD, TNI/Polri dan masyarakat saling membantu membersihkan reruntuhan material rumah. Warga sekitar juga memilih memindahkan barang berharga mereka ke tempat lebih aman.

Baca Juga :   Rilis Terbaru Archi : Ridwan Kamil dan Sahroni Berpotensi 'Head to Head' di Pilgub DKI 2024

Selain itu, puluhan kepala keluarga turut diminta mengevakuasi diri ke tempat lebih aman sebagai upaya mencegah korban jika terjadi longsor susulan.

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com