News

Virus Corona Ditemukan Pada Buah Durian

MAKASSAR, EDUNEWS.ID– Sebuah pasar di Ganzhou, bagian timur China mendeteksi virus Corona pada kiriman durian dari Thailand. Hal ini disampaikan oleh Kantor Urusan Pertanian (OAA) di bawah Kedutaan Besar Thailand di Beijing, seperti dikutip dari detikcom, Kamis (19/8/2021).

OAA memaparkan, virus pada buah durian ini ditemukan di pasar Hau Dongcheng akhir pekan lalu. Setelah pemeriksaan lebih lanjut, semua orang yang menangani paket kiriman durian tersebut dinyatakan negatif COVID-19. Namun, mereka kini tetap menjalani karantina.

Paket durian tersebut kini sudah diamankan. Buah-buahan lain di area pasar juga ikut disterilkan.

Temuan virus Corona pada kiriman durian asal Thailand tersebut telah dilaporkan pada Administrasi Umum Bea Cukai China. Pejabat menyebut, impor produk, khusus buah-buahan asal Thailand tak akan diberhentikan akibat kejadian ini.

Mengingat, virus Corona pada buah durian baru terdeteksi ketika sudah tiba di area pasar, bukan di pos pemeriksaan ketika kiriman durian dari Thailand baru tiba.

Bisakah virus Corona menular lewat makanan?

Dikutip dari laman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), tidak ada kepastian soal virus Corona bisa menular lewat permukaan benda. Pada dasarnya, virus ini menular melalui pernapasan. Misalnya, lewat batuk, bersin, atau sentuhan langsung pada area hidung, mulut, dan mata.

“Laporan kasus menunjukkan bahwa SARS-CoV-2 ditularkan di antara orang-orang dengan menyentuh permukaan tempat orang sakit baru saja batuk atau bersin, kemudian langsung menyentuh mulut, hidung, atau mata. Kebersihan tangan adalah penghalang transmisi,” tertulis dalam laman resminya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top