Handphone

Apple Luncurkan iOS 16, Berikut 8 Fitur Barunya!

TEKNO, EDUNEWS.ID- Apple memperkenalkan iOS 16 yang dilengkapi delapan fitur baru di acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2022. Salah satunya yakni cara baru mengunci layar ponsel secara personal.

Selain itu, iOS 16 juga memperkenalkan iCloud untuk menyimpan foto yang dapat pelbagi koleksi dengan keluarga. Ada juga pembaruan pesan dan email yang bisa membantu pengguna tetap terhubung dengan mudah, dan peningkatan yang kuat untuk Teks Langsung dan Pencarian Visual.

“iOS 16 adalah rilisan besar dengan pembaruan yang akan mengubah cara Anda menikmati iPhone,” kata Craig Federighi, wakil presiden senior rekayasa perangkat lunak Apple dilansir situs resmi Apple.

Berikut 8 fitur baru yang terdapat di iOS 16:

1. Lock screen lebih personal
Lock screen, dengan efek baru yang berlapis-lapis, subjek foto diatur secara artistik. Pengguna juga dapat mengubah tampilan tanggal dan waktu dengan tipe gaya ekspresif dan pilihan warna.

Lock screen menampilkan widget mengambil inspirasi dari komplikasi Apple Watch yang memudahkan untuk mendapatkan informasi secara sekilas, seperti acara kalender mendatang, cuaca, tingkat baterai, alarm, zona waktu, aktivitas dering dan banyak lagi.

Pengguna juga dapat menambahkan Layar Kunci dengan emoji atau kombinasi warna favorit. Sedangkan Live Activity jadi fitur baru yang bisamembantu pengguna tetap mengetahui hal-hal yang terjadi secara real time, seperti hasil pertandingan olahraga serta progres pesan antar makanan langsung dari Layar Terkunci.

Notifikasi juga telah didesain ulang untuk di swipe dari bawah, memastikan bahwa pengguna memiliki pandangan yang jelas tentang Layar Kunci pribadi mereka.

2. Memilih Konten Pilihan
Pengguna dapat memilih konten pilihan saat layar ponsel terkunci. Untuk mengaktifkan konten pilihan, pengguna cukup menggesek ke Lock Screen yang sesuai. Dengan filter ini, aplikasi seperti Kalender, Mail, Pesan, dan Safari hanya dapat menampilkan konten yang relevan dengan piliham pengguna.

3. Mengatur iCloud
Di iOS 16 pengguna bisa dengan mudah berbagi foto di iCloud. Bahkan pengguna bisa berbagi dan berkolaborasi untuk saling melengkapi foto di iCloud secara terpisah dengan enam pengguna sekaligus.

Pengguna dapat memilih untuk membagikan foto yang ada dari Gallery pribadi mereka, atau berbagi berdasarkan tanggal atau orang-orang di dalam foto. Pengguna juga dapat memilih untuk mengirim foto ke Pustaka Bersama secara otomatis menggunakan sakelar baru di aplikasi Kamera.

Selain itu, setiap pengguna di Pustaka Foto Bersama memiliki akses untuk menambah, menghapus, mengedit, atau memfavoritkan foto atau video yang dibagikan, yang akan muncul di Memori setiap pengguna sehingga setiap orang dapat melengkapi foto di momen keluarga supaya lebih lengkap.

4. Pembaruan Pesan
Pengguna dapat mengedit pesan yang baru saja dikirim, memulihkan pesan yang baru dihapus, dan menandai percakapan dengan label belum dibaca sehingga mereka dapat mengirim ulang lagi nanti.

Selain itu, SharePlay akan hadir di Pesan yang memungkinkan pengguna menikmati konten yang disinkronkan seperti film atau lagu saat mengobrol di Pesan.

5. Fitur Baru Mail
Di iOS 16, pengguna dapat menjadwalkan email sebelumnya dan bahkan diberi waktu untuk membatalkan pengiriman pesan sebelum mencapai kotak masuk penerima. Mail mendeteksi jika pengguna lupa menyertakan bagian penting dari pesan mereka, seperti lampiran.

Pengguna juga memiliki opsi untuk memunculkan kembali pesan kapan saja dengan Remind Later, dan saran Tindak Lanjut secara otomatis yang mengingatkan pengguna untuk menindaklanjuti email jika mereka belum menerima tanggapan.

Mail juga menyertakan perombakan terbesar untuk pencarian, dan menggunakan teknik canggih untuk memberikan hasil yang lebih relevan, akurat, dan lengkap.

6. Live Text dan Peningkatan Pencarian Visual
Live Text dibuat menggunakan kecerdasan pada perangkat untuk menambahkan teks dalam gambar di seluruh iOS, dan kini di iOS 16 telah diperluas untuk menyertakan video. Pengguna dapat menjeda video pada bingkai apa pun dan menambahkannya dengan teks.

Live Text juga punya kemampuan untuk dengan cepat mengonversi mata uang, menerjemahkan teks, dan banyak lagi.

Visual Look Up memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengetuk dan menahan subjek gambar untuk mengangkatnya dari latar belakang dan menempatkannya di aplikasi seperti Pesan. Visual Look Up juga diperluas untuk mengenali burung, serangga, dan patung.

7. Apple Pay Later
Apple Pay Later memberi pengguna di AS cara yang aman untuk membagi biaya pembelian Apple Pay menjadi empat pembayaran yang sama yang tersebar selama enam minggu, tanpa bunga dan tanpa biaya apa pun.

Apple Wallet dirancang dengan mempertimbangkan kesehatan keuangan pengguna, Apple Pay Later memudahkan untuk melihat, melacak, dan transaksi pembayaran Apple Pay Later dalam Wallet. Pengguna dapat mengajukan Apple Pay Later saat mereka check out dengan Apple Pay, atau di Wallet.

Kunci dan ID di Wallet terbaru membuat pengguna dapat menggunakan ID mereka untuk aplikasi yang memerlukan verifikasi identitas dan usia.

Untuk memastikan pengalaman pribadi dan aman, hanya informasi yang diperlukan yang diperlukan untuk transaksi yang akan diberikan ke aplikasi, dan pengguna dapat meninjau dan menyetujui untuk membagikannya menggunakan ID Wajah atau ID Sentuh.

8. Perubahan CarPlay
CarPlay secara mendasar telah mengubah cara orang berinteraksi dengan kendaraan mereka, dan generasi berikutnya dari CarPlay melangkah lebih jauh dengan mengintegrasikan secara mendalam dengan perangkat keras mobil.

CarPlay akan dapat menyediakan konten di layar kendaraan. Integrasi yang lebih dalam dengan kendaraan akan memungkinkan pengguna untuk mengontrol radio atau mengubah suhu secara langsung melalui CarPlay.

CarPlay akan secara mulus menampilkan kecepatan, tingkat bahan bakar, suhu, dan lainnya di kluster instrumen. Pengguna akan dapat mempersonalisasi pengalaman berkendara mereka dengan memilih desain klaster pengukur yang berbeda, dan dengan dukungan tambahan untuk widget, pengguna akan memiliki informasi sekilas dari Cuaca dan Musik langsung di dasbor mobil mereka.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); });