Handphone

Biar Aman, Berikut Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android dan iPhone !

TEKNO, EDUNEWS.ID-Cara menyembunyikan aplikasi di android dan iPhone bisa dilakukan menggunakan fitur bawaan dari smartphone tersebut. Menyembunyikan aplikasi ini penting untuk melindungi sejumlah aplikasi perbankan atau informasi pribadi.

Selain aplikasi perbankan, aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, email, massenger, dan lain sebagainya juga perlu di lindungi. Karena ini kebanyakan berisi informasi pribadi yang bisa menjadi bumerang jika sampai bocor ke orang lain.

Bisa jadi ketika sesudah Anda membicarakan teman di WhatsApp, si kepo membuka pesan tersebut sehingga bisa menjadi masalah buat Anda. Makanya Anda perlu untuk menyembunyikan aplikasi yang bersifat pribadi.

Cara menyembunyikan aplikasi ini juga berguna ketika smartphone kamu hilang. Aplikasi perbankan hingga komunikasi kamu akan tersimpan dan tidak mudah dibuka orang lain.

Berikut cara menyembunyikan aplikasi yang dilansir dari sindonews.com:

1. Smartphone Samsung

Untuk pengguna ponsel Samsung, Anda bisa menggunakan fitur bawaan yang sudah disediakan oleh pabrikan bernama One UI Launcher.

Menggunakan fitur ini sangat mudah, Anda hanya perlu menekan layar beranda beberapa saat sampai muncul menu pengaturan. Kemudian ketuk pengaturan > Display > Home Screen.

Lalu gulir ke bawah dan ketuk pada pilihan Hide Apss atau sembunyikan aplikasi. Pilih aplikasi yang akan dismbunyikan lalu ketuk Done.

2. Xiaomi

Samrtphone produksi China ini juga sudah dilengkapi dengan fitur untuk menyembunyikan aplikasi . Untuk memulainya jalankan MIUI yang sudah jadi bawaan ponsel Xiaomi.

Lalu buka menu Security app di aplikasi yang ingin kamu sembunyikan dan buka App Lock. Tambahkan aplikasi yang ingin kamu sembunyikan pada App Lock.

3. iPhone

Ada beberapa cara menyembunyikan aplikasi di iPhone namun cara yang paling aman adalah menggunakan fitur Restrictions. Untuk mencoba cara ini Anda harus membuat passcode untuk menyembunyikan aplikasi penting.

Caranya, buka Setting > General > Restriction Passcode. Lalu pilih Enable Restrictions dan masukkan kata sandi sebagai pengaman.

Jika sudah membuat kata sandi, pilih aplikasi bawaan yang akan disembunyikan. Setelah selesai, aplikasi yang telah kamu pilih, secara otomatis akan disembunyikan dari layar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top