Tekno

Menyaring ‘Posting-an’ Berbau SARA di Facebook tanpa ‘Unfriend’

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menyusul dugaan penistaan agama yang dilakukan gubernur nonaktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mulai ramai posting-an di Facebook. Beragam status mulai mengalir dalam bentuk informasi, hujatan, maupun dukungan.

Hal ini mungkin mengundang perhatian besar masyarakat, namun tak sedikit pula yang merasa terganggu jika seluruh linimasanya dipenuhi dengan posting-an isu politis. Meski mengganggu, pengguna mungkin merasa sebenarnya masih ingin terhubung dengan teman yang kerap mengunggah posting-an itu.

Tidak perlu khawatir karena ada cara untuk membersihkan linimasa Anda dari seluruh informasi yang mengganggu, sebagaimana dilansir Life Hacker, Sabtu (5/11/2016):

Anda perlu mengunduh Social Fixer di browser lalu memasangnya. Aplikasi ini memungkinkan Anda memfilter posting-an yang disukai dan yang tidak.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah  membuka Facebook seperti biasa lalu perhatikan opsi Social Fixer di sudut kanan atas. Anda akan ikon setting yang menunjukkan menu pilihan Filters.

Anda bisa membuat filter dari yang sederhana hingga rumit. Misalnya dengan memilih kata criteria politik 2016. Lalu di bagian penyaringan, Anda bisa memilih kata-kata yang ingin disaring misalnya “Demo Jakarta” dan beberapa frase lain dalam kolom “IF”. Anda bisa memisahkan mereka dengan tanda “|”.

Jangan lupa untuk selalu memberikan tanda buka dan tutup kurung untuk setiap frasa. Setelah itu, klik ‘Add A Condition’ jika ingin memasukkan kata kunci lain.

Kemudian, Anda bisa memilih apa yang harus dilakukan dengan posting-an yang diketahui memuat kategori atau frasa tersebut. Anda bisa memilih untuk menyembuntikan posting-an.

To Top