Tekno

Waspada! Beredar Hadiah ‘Malware’ iPhone 7 dari WhatsApp

ILUSTRASI

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Belakangan ini beredar broadcast yang berisi hadiah iPhone7 bagi pengguna WhatsApp dengan menyertakan tautan (link) pada informasi tersebut. Link tersebut berisi program/file berbahaya (malware) untuk phising atau pencurian data pada perangkat Anda.

“Setelah kami cek ternyata isi link tersebut malware untuk menyerap data-data pada komputer maupun handphone yang digunakan dengan modus phising,” terang Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Fadil Imran, Senin (21/11/2016).

Phising adalah salah satu modus untuk melakukan akses ilegal terhadap data-data pengguna yang berkaitan di dunia maya yang membutuhkan script sederhana. Ini tidak berbahaya, jika kita berhati-hati. Sebab target phising adalah para pengguna yang lengah.Sementara broadcast di WhatsApp tersebut mengirimkan link URL http://whatsapp.com.prizeclaim.co/Whatsapp celebrating 10 years“. Tim cyber crime Polda Metro Jaya telah melakukan investigasi terhadap link tersebut, dan hasilnya ternyata link tersebut bukan dari pihak resmi.

“Link tersebut dikirim oleh anonymous person/group yang berada di luar negeri dan itu bukan sari perusahaan WhatsApp resmi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kanit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKP Fian menjelaskan, halaman yang paling sering dijadikan phising yaitu halaman login suatu perusahaan/company yang seakan itu adalah halaman login asli namun ternyata halaman tersebut palsu.

“Kalau user lengah dan tidak menyadari bahwa saat itu dia berada di page yamg palsu. Setelah kita mengisi Username dan Password, pada saat itulah kita sudah masuk ke dalam jebakan mereka,” ungkap Fian.

Fian mengatakan, modus phising ini digunakan oleh para pelaku untuk menyerap sata-data nasabah perbankan atau akun-akun yang di dalamnya berisi uang/e-money.

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com