DAERAH

Beroperasi, PLTM Madong Tingkatkan Penggunaan Energi Hijau di Sulsel

Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Madong dengan kapasitas 2x5 Mega Watt (MW) telah beroperasi pada Maret 2022 guna memperkuat sistem kelistrikan PLN di Sulawesi Bagian Selatan.

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Madong dengan kapasitas 2×5 Mega Watt (MW) telah beroperasi pada Maret 2022 guna memperkuat sistem kelistrikan PLN di Sulawesi Bagian Selatan.

Pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT) yang terletak di Desa Ma’dong, Kecamatan Dende’ Piangan Napa, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan tersebut akan berperan dalam menambah bauran EBT sistem kelistrikan PLN di Sulawesi Bagian Selatan menjadi 38,8 persen dan meningkatkan rasio elektrifikasi

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UIW) Awaluddin Hafid menyebutkan, hadirnya PLTM Ma’dong dapat melistriki Industri skala menengah serta 10.000 rumah tangga dengan daya 900 Volt Ampere (VA).

“Saat ini Rasio Elektrifikasi di Provinsi Sulawesi Selatan adalah 99,78%, dengan beroperasinya PLTM Madong kami optimis Rasio Elektrifikasi di Sulawesi Selatan terkhusus Kabupaten Toraja Utara dapat meningkat,” kata Awaluddin.

“Sebagai salah satu syarat ekspor, PLN berkomitmen untuk mendukung perkembangan penggunaan listrik hijau untuk meningkatkan gairah perkembangan industri,” tambah Awaluddin.

PLTM Ma’dong merupakan pembangkit yang dibangun dan dioperasikan oleh produsen listrik swasta (Independent Power Producer/IPP) PT Nagata Dinamika Hidro Madong dan masuk dalam pengawasan PLN UIW Sulselrabar. Pembangkit EBT tersebut akan menggunakan debit Sungai Maiting di Daerah Aliran Sungai (DAS) sungai Saddang dengan luas 185 km².

Lebih lanjut Awaluddin Hafid menjelaskan energi hijau yang dihasilkan oleh PLTM Ma’dong akan dikirim melalui Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 20 Kilo Volt (kV) sepanjang 14 kilometer sirkuit (kms) ke titik interkoneksi IPP dan PLN di Gardu Hubung Alang-alang untuk kemudian dialirkan kepada pelanggan di Kabupaten Toraja Utara.

“PLN mendukung transisi ke energi terbarukan, salah satunya dengan akan beroperasinya PLTM Ma’dong. Pembangkit ini juga berperan dalam salah satu pilar G20 tahun 2022. Yaitu pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif dengan sustainable energy transition menjadi isu prioritas,” tutup Awaluddin.

 

 

rilis

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com