DAERAH

HMI-MPO Cabang Makassar Tolak Tambang Pengerukan Pasir Laut Boskalis di Kepulauan Sangkarrang

Ketua HMI-MPO Cabang Makassar, Faikar Al Baqir

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi Cabang Makassar menolak aktivitas tambang pengerukan pasir laut yang dapat merugikan mata pencaharian masyarakat Kecamatan Sangkarrang, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Hal tersebut dianggap dapat menghancurkan kota Makassar disektor perekonomian dan kehidupan biota laut.

“Kami dengan tegas menolak. Bisa hancurkan pendapatan nelayan  kalau begini. Belum lagi berdampak tidak baik terhadap ekosistem laut. Diantaranya dapat meningkatkan abrasi dan erosi, memicu terjadinya banjir air rob, penurunan kualitas lingkungan perairan laut,” katanya.

Lanjut Faikar, dirinya meminta pemerintah Kota Makassar dan Provinsi Sulawesi Selatan turun tangan untuk menyelesaikan persoalan tersebut yang dikhawatirkan memunculkan konflik antara nelayan dan penambang.

“Pemkot dan pemprov jangan hanya fokus urus Corona. Hal ini juga dapat menggiring terjadinya konflik sosial antara masyarakat yang merasa dirugikan dengan para penambang pasir laut,” ungkapnya.

Sebelumnya, Komite Nasional Pemuda Indonesia Kecamatan Sangkarrang Kota Makassar bersama nelayan menggelar unjuk rasa di tengah laut beberapa waktu lalu, menolak tambang pengerukan pasir laut.

(tas)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top