Pemkab Wajo

Pemkab Wajo Nyatakan Serius Kembangkan Sutera di Hadapan Tim Pemprov

Rapat koordinasi dalam rangka kunjungan lapangan tim pemprov di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Wajo, Sabtu (30/4/2022).

WAJO, EDUNEWS.ID – Pemerintah Kabupaten Wajo menyatakan keseriusannya dalam pengembangan sutera dalam rapat koordinasi yang digelar di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Wajo, Sabtu (30/4/2022).

Rapat tersebut dalam rangka kunjungan lapangan Tim Provinsi Sulawesi Selatan yang terdiri dari Kepala Dinas Perindustrian, Kepala BPKAD, Kepala Dinas Kehutanan, Perwakilan Kepala Bappelitbangda, serta rombongan lainnya.

Bupati Wajo, Amran Mahmud menyampaikan bahwa jauh sebelum dilantik, dirinya sudah aktif mengkomunikasikan dengan berbagai pihak terkait upaya pengembalian kejayaan sutera Kabupaten Wajo.

Amran menjelaskan bahwa sutera ini banyak diminati, khususnya pada acara kebudayaan, pengantin dan sebagainya. Bahkan orang dari luar daerah berdatangan untuk berburu sutera.

“Kami bersama para OPD dan stakeholder terkait siap berkolaborasi dan akan terus berkomunikasi dengan Pemprov terkait hal ini,” ucapnya.

Kepala Dinas Perindustrian Sulsel, Ahmad Akil, menjelaskan bahwa kunjungan lapangan ini bertujuan meyakinkan kepada yang tergabung dalam tim bahwa Kabupaten Wajo siap.

“Kalau saya tidak ragukan Bapak Bupati dan Ibu Sekda yang memang selama ini aktif berkomunikasi kami. Bahkan beliau selalu meluangkan waktu untuk menemui kami ketika kami berkunjung ke Wajo. Ini menunjukkan keseriusan beliau untuk pengembangan sutera di Wajo,” ungkapnya.

Akil menambahkan bahwa bantuan 2 juta murbei yang sebelumnya telah diberikan ke Wajo, akan ditambahkan, baik melalui APBD perubahan tahun 2022 maupun APBD Pokok tahun 2023.

“Ini merupakan instruksi Bapak Gubernur untuk mengawal pengembalian kejayaan sutera di Sulsel, khususnya di Wajo,” jelasnya.

“Untuk pengoperasiannya sendiri, kita masih menunggu teknisi dari luar negeri untuk mengoperasikannya. Intinya kita akan secepatnya mulai mengoperasikan ketika bahan dan sarana pendukung sudah siap,” tutupnya.

(rls/hms)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top