DAERAH

Pemkot Makassar Bantu Lansia di Gubuk Dekat Masjid Al-Markaz

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Layaknya sebuah kandang yang berdinding susunan bambu dan papan. Sementara dibagian atapnya hanya mengandalkan terpal.

Gubuk itu ternyata dihuni seorang ibu lansia. Lokasinya di jalan Masjid Raya, Kota Makassar atau tepatnya di sudut sebelum jembatan pada Masjid Al Markaz.

Saat ditemui di rumahnya itu, kondisinya memprihatinkan. Ia tinggal dengan alas terpal seadanya dengan pasir berserakan diatas alasnya itu. Beberapa anak kucing menemaninya. Kondisinya berantakan.

Ibu yang diperkirakan berusia sekitar 60 tahun itu tampak melekat perhiasan yang diduga palsu dibadannya, mulai dari leher dan bagian tangannya.

Saat ditanyai, ibu itu melantur. Dan beberapa kali mengatakan perkataan berbeda-beda. Ia mengaku bernama Ratna dan dalam kondisi lumpuh.

Staf Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Moh Anugerah mengunjungi tempat tinggal ibu itu, Jum’at (4/9/2020) malam. Ia pun melihat langsung kondisi ibu lansia itu setelah mendapat informasi dari media sosial.

Dirinya sempat menawarkan kepada Ibu Ratna untuk dirawat di rumah sakit karena pengakuannya yang tidak bisa berdiri, namun ditolak oleh ibu itu.

“Informasi dari Babinsa dan warga sekitar, jika sudah lama tinggal disini dan juga tidak tahu asalnya dari mana. Bahkan sudah pernah dibawa Dinas Sosial, tapi kembali lagi,” ujar Nugi, sapaan Moh. Anugerah.

Dirinya pun telah melaporkan kondisi Ratna ke Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman. Yang nanti selanjutkan ditindaklanjuti oleh Dinas Sosial Kota Makassar.

Bergerak cepat, Sabtu (5/9/2020) pagi, Dinas Sosial bersama pihak Kecamatan Bontoala menindaklanjuti kondisi ibu lansia itu.

Mereka pun mendatangi langsung yang kemudian untuk dibawa ke tempat perawatan yang lebih baik.

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman yang mendengar kabar itu pun merasa senang dan bersyukur. “Alhamdulillah sedang proses penanganan dan tindak lanjut laporan seorang warga yang tinggal di gubuk pinggir jalan dekat Al-Markaz. Dinas Sosial Makassar di tingkat Kecamatan telah bergerak bersama APH terkait,” ujar Andi Sudirman.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); });