Pemkot Makassar

Balitbangda Makassar Berikan Kepastian Hukum atas Inovasi yang Dihasilkan

Pemkot Makassar dan Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel meneken MoU di bidang kekayaan intelektual Kepala Balitbangda Kota Makassar, Andi Bukti Djufrie (kedua kanan) di Four Points by Sheraton Hotel Makassar, Selasa (31/5/2022). Turut hadir Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. foto: istimewa

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulsel meneken Memorandum of Understanding (MoU) di bidang kekayaan intelektual di Four Points by Sheraton Hotel Makassar, Selasa (31/5/2022).

Perjanjian kerja sama ini menghadirkan lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD), salah satunya Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Makassar.

Kepala Balitbangda Kota Makassar, Andi Bukti Djufrie, menyebutkan, perjanjian kerja sama mengenai Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) menjadi perlindungan hukum, utamanya inovasi yang dihasilkan OPD Pemkot Makassar.

“HaKI menjadi penting untuk memberikan kepastian hukum atas inovasi yang dihasilkan. Sekaligus, melindungi dari duplikasi dan pengakuan orang lain,” ungkapnya.

“Jadi tidak ada duplikat hak atau inovasi, yang ada perbedaannya dari sisi kemitraan orang tidak menduplikasi,” tambah Andi Bukti Djufrie.

Balitbangda sediri terus mendorong peningkatan dan perlindungan kekayaan intelektual. Oleh karena itu, dijalin kerja sama dengan Kemenkumham Sulsel.

Penandatanganan kerja sama ini disaksikan langsung Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. Kegiatan dirangkaikan peluncuran Mobile Intellectual Property Clinic (MIC) yang dilakukan Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel.

“Ini untuk mempertegas dan memperkuat kembali, makanya kita lakukan PKS (Perjanjian Kerja Sama). Ini sangat membantu, itu kita kan kaya akan kebudayaan, kuliner, dan hak intelektual inilah kita coba angkat ke masyarakat,” jelasnya.

Diketahui, saat ini ada sepuluh inovasi dari Pemkot Makassar berhasil memperoleh HaKI.

Ini ditandai terbitnya Surat Pencatatan Ciptaan dari Kemenkumham. Berhasil diraih atas peran dan pendampingan Balitbangda Kota Makassar.

Andi Bukti menjelaskan, program tersebut tertuang pada surat pencatatan ciptaan yang ditandatangani Direktur Hak Cipta dan Desain Industri Kemenkumham RI, Dr Syarifuddin.

Salah satu jenis ciptaan berupa layanan dengan nama Basse Daeng Nai’ ri Rusunawa, singkatan dari Bayar Sendiri dengan Non Tunai di Rumah Susun Sederhana Sewa.

“Sudah ada sepuluh inovasi yang kita HaKI-kan, itu seperti program Makassar Recover dari Dinas Kesehatan,” ujarnya.

Terpisah, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, memandang Makassar kaya akan kekayaan intelektual. Misalnya saja, teknik membakar ikan.

“Saya mengamati itu. Ikan bakar Makassar semakin panas semakin lezat. Ini kekayaan barbeku dengan teknik memasak ikan. Sama dengan Coto, menariknya sup satu dengan pilihan yang banyak, ini gastronomi yang perlu didaftarkan,” ujarnya.

Sama dengan kata Sombere’, yang menurut Danny, dijadikan ke kata Smart City.

“Jadi ini sebuah penemuan intelektual atau kekayaan yang sudah bergulir di Asia, dan sudah diakui dunia yang masuk dalam 102 kota smart city,” jelasnya.

Saat ini, kata Danny, untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat, Pemkot Makassar akan membangun government center, dengan anggaran Rp200 miliar dengan desain ikonik dan modern.

“Di dalamnya ada pelayanan publik lengkap. Ada ruang khusus pendaftaran sistim online. Kami juga sudah menyusun Makaverse (Makassar Metaverse) dengan pelayanan Avatar. Kalau sudah desain kami akan daftar sebagai kekayaan intelektual,” jelas Danny.

 

(*)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); });