Pemkot Makassar

Fatmawati Rusdi Jelaskan Strategi Makassar Menghadapi Risiko Bencana di APMCDRR Australia

Wakil Walikota Makassar, Fatmawati Rusdi

AUSTRALIA – Wakil Walikota Makassar, Fatmawati Rusdi, tampil brilian pada pertemuan Asia Pacific Ministerial Conference on disaster risk reduction (APMCDRR) 2022 di Brisbane Australia, 19 September 2022.

Pada kesempatan tersebut, Fatmawati panel dengan perwakilan Queensland, Annastacia Palaszczuk dan Secretary General, UCLG ASPAC, Bernadia Irawati Tjandradewi.

Fatmawati membahas tentang Kota Makassar dalam menghadapi risiko bencana, perubahan iklim dan pandemi dalam mitigasi sosial dan adaptasi.

Terdapat 3 poin yang dipaparkannya, yakni pertama, adanya program infrastruktur, seperti perlindungan pantai dengan revetments, polder, dan reklamasi untuk mengurangi risiko dari laut.

Kedua, adanya pusat evakuasi dan membentuk relawan bencana untuk mengurangi risiko cuaca ekstrim.

“Ini berbasis komunitas, baik dari masyarakat, sukarelawan, dan organisasi non pemerintah yang bersinergi dan berkolaborasi dalam penanggulangan rawan banjir, kebakaran, dan angin puting beliung,” jelasnya.

Lebih lanjut, Fatmawati menekankan pentingnya edukasi tentang kesadaran bencana pada masyarakat.

“Paling penting adalah edukasi tentang kesadaran masyarakat terhadap upaya mitigasi bencana, khususnya sub kluster perlindungan pada kelompok rentan, seperti Lansia, disabilitas dan anak,” ucapnya.

Diketahui program pengurangan risiko pada lingkungan ini untuk mengurangi emisi tinggi dari karbon, termasuk pengelolaan limbah dan koridor hijau.

 

(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com