DAERAH

Stok Vaksin Habis, Puskesmas di Makassar ini Stop Vaksinasi Pertama

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Paccerakkang, yang berada di jalan Mangga Tiga, Kecamatan Biringkanaya.

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Kebutuhan akan vaksinasi yang semakin meningkat kini berdampak pada berkurangnya ketersediaan vaksin bagi masyarakat. Seperti yang terjadi salah satu puskesmas yang ada di kota Makassar.

Salah satu warga di kompleks Mangga Tiga, Daeng Sangkala menyampaikan, saat ini belum sempat vaksinasi tahap pertama dikarenakan stok vaksin di Puskesmas Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya saat ini kosong.

Saat wartawan edunews.id mengunjungi Puskesmas dan mempertanyakan alasan vaksinasi pertama tak lagi diberlakukan, pihak Puskesmas beralasan stok vaksin pertama habis.

Hal tersebut disampaikan oleh, salah satu pegawai Puskesmas Paccerakkang, Senin (2/8/2021).

“Tidak bisa, vaksin kedua saja kita menunggu,” kata salah satu pegawai, yang enggan menyebutkan namanya.

“Coba ki ke (RS) Tajuddin sempat melayani vaksin 1 (pertama), coba ki ke Polda, melayani tidak (Vaksin) 1?,” ujarnya.

Ia menjelaskan, belum dibukanya pendaftaran untuk warga yang ingin vaksinasi pertama, dikarenakan stok vaksin habis.

“Saat ditanyakan terkait, kenapa tidak melayani vaksinasi pertama? Ia mengungkapkan kurangnya vaksin yang tersedia,” jelasnya

“Tidak ada vaksin pak, dari Jakarta tidak ada, vaksinnya kosong, kalau tidak ada vaksin tidak melayani ki, kalau ada vaksin baru lagi melayani orang,” tambahnya.

Ia mengungkapkan, warga yang telah menjalani vaksin pertama, telah mendapatkan jatah vaksin kedua, dikarenakan vaksinasi harus terus dilanjutkan, ada batas waktu yang mengaturnya.

“Begini ceritanya, kalau vaksin kedua sudah ada jatahnya pak, karena dia sudah vaksin, jadi ada mi jatahnya (disini), berapa jumlahnya vaksin kedua yang mau didrop, itu vaksin kedua. (vaksin) pertama tidak tahu,” tutupnya.

Saat dikonfirmasi wartawan edunews.id, Juru Bicara Makassar Recover, Aloq Natsar Desi membenarkan, kegiatan vaksinasi di Puskesmas saat ini belum lagi membuka pelayanan vaksinasi pertama, dikarenakan stok vaksin kosong.

Namun ia mengungkapkan tambahan vaksin akan datang pada minggu kedua bulan Agustus 2021.

“Iya, minggu kedua bulan ini baru vaksin datang,” kata Aloq.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top