EDUNEWS

DPR Minta Pemda Malang Segera Tarik LKS SD yang Berisi Kalimat Sadisme

JAKARTA, EDUNEWS.id— Dunia pendidikan tanah air kembali dihebohkan dengan beredarnya Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang dianggap memuat materi pembelajaran yang tidak pantas untuk anak sekolah dasar.

Beredarnya LKS tersebut belakangan ini bahkan meresahkan para orang tua di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pasalnya, isiLKS tersebut dianggap mengajarkan sadisme dan kekerasan.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Dapil V Jawa Timur, Nurhayati Ali Assegaf pun sangat menyayangkan dan mengecam beredarnya LKS tersebut.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat ini pun meminta Pemerintah Daerah (Pemda) Malang untuk segera mengambil tindakan dan langkah-langkah mengusut keberadaan LKS tersebut.

” Saya minta Pemda Malang segera harus menarik peredaran LKS yang sangat bertentangan dengan kaidah pendidikan tersebut,” papar Nurhayati di Jakarta, Jumat (26/8/2016).

LKS Sadisme 2Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) ini pun meminta kepada instansi terkait, khususnya Dinas Pendidikan untuk mengusut tuntas keberadaan LKS ini.

“Ini kita kecolongan, peran dinas pendidikan setempat kurang maksimla dalam melakukan proteksi terhadap modul pembelajaran anak sekolah di Malang,” tegasnya.

Seperti diketahui, kata-kata sadis muncul beberapa kali dalam buku LKS pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas 4 SD tersebut.

Salah satunya, tertulis kalimat yang menceritakan aksi sadisme pembunuhan wanita dengan cara memenggal kepala korban dan memasukkannya dalam kaleng. “Saya mengetahui berita di televisi, ada seorang wanita membunuh sahabat karibnya. Kepala wanita tersebut dipenggal dan disimpan dalam kaleng. Padahal dia tidak bersalah,” demikian tertulis dalam LKS tersebut.

Siswa kemudian diminta memberi tanggapan dengan sejumlah pilihan yang dianggap mengenalkan dan mengajarkan sadisme. Contohnya, pilihan “a) Harus dibunuh dan dipenggal juga“, tertulis dalam LKS tersebut.

LKS dengan nama ‘Brilliant’ itu memiliki tebal 63 halaman, diterbitkan oleh PT Jepe Press Media Utama, Jalan Raya Ngagrek KM 10 Sambirejo- Tanjunganom, Nganjuk.

LKS tersebut telah tersebar di sejumlah sekolah dasar di kabupaten Malang. Kemunculan kalimat-kalimat sadis itu mengundang keprihatinan sejumlah pihak.

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com