Kampus

5 Tips Persiapan Lulus Kuliah, Mahasiswa Tingkat Akhir Wajib Tahu!

Ilustrasi Mahasiswi Tingkat Akhir

MAKASSAR, EDUNEWS.ID-Menjadi Mahasiswa tingkat akhir merupakan fase yang membuat setiap mahasiswa mulai berfikir mempersiapkan dirinya pasca kuliah Selain menyusun skripsi.

Berbeda dengan mahasiswa baru atau mahasiswa pada semester pertengahan, pada tingkat akhir tidak lagi disibukkan dengan jadwal kuliah. Maka dari itu penting bagi mahasiswa tingkat akhir untuk memulai langkah persiapan lulus kuliah selain skripsi.

Dilansir dari laman Institut Teknologi Batam (ITEBA), berikut ini 5 tips persiapan lulus kuliah selain skripsi:

1. Buatlah CV dan portofolio

Jangan menunggu lulus untuk mempersiapkan bekal untuk mencari pekerjaan. Setelah menyelesaikan skripsi dan menunggu wisuda atau kelulusan, kamu bisa mulai membuat portofolio sesuai bidang yang ingin dikerjakan.

Buatlah beberapa portofolio agar ketika melamar pekerjaan kamu bisa mengesankan perusahaan. Sebab, persaingan dunia industri tak hanya soal Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) saat kuliah, namun terpenting adalah pengalaman dan punya portofolio.

Setelah memiliki portofolio kamu bisa melanjutkan belajar membuat Curriculum Vitae (CV) atau riwayat hidup. Cari referensi di laman yang menyediakan desain CV menarik dan mulailah membuatnya.

Di dalam portofolio, kamu bisa mencantumkan pengalaman atau prestasi selama menjadi mahasiswa. Selain itu, portofolio yang kamu miliki juga bisa tercantum di CV.

2. Buat akun di berbagai job portal

Saat ini teknologi membuat para jobseeker lebih mudah mencari pekerjaan. Jika dahulu lowongan pekerjaan hanya dipublikasikan melalui koran atau iklan, kini kamu bisa temukan hanya dengan menggunakan internet.

Kemudahan tersebut bisa kamu manfaatkan dengan membuat akun di beberapa job portal, misalnya LinkedIn, Glints, dan Techinasia.

Dengan membuat akun, kamu bisa mencari, memilih, dan melamar pekerjaan dengan mudah hanya melalui handphone.

Baca Juga :   Polda Sulsel Telah Panggil 2 Kampus terkait Dugaan TPPO, Kampus Mana ?

3. Latihan wawancara kerja

Untuk mendapatkan pekerjaan yang baik, kamu tentunya akan melalui proses wawancara. Kamu perlu berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh Human Resource Development (HRD) perusahaan.

Baca JugaBerikut Masjid Kampus di Indonesia dengan Desain Termegah

Saat ini, sesi tanya jawab interview juga sudah banyak tersedia di YouTube. Kamu bisa mengaksesnya dengan mudah dan gratis.

4. Ikuti pelatihan yang bersertifikat

Jika saat kuliah sertifikat belum terkumpul banyak, kini beberapa platform pendidikan menyediakan pelatihan bersertifikat.

Baca JugaKalian Pecinta Drama Korea? Yuk Cek Cara Dapatkan Beasiswa ke Korea Selatan Bagi Mahasiswa S1

Platform-platform tersebut menyediakan pelatihan gratis maupun berbayar. Namun, pastikan pelatihan yang kamu ikuti sesuai dengan minat bidang pekerjaanmu, ya.

5. Ciptakan personal branding yang menarik

Personal branding adalah praktik untuk mempromosikan diri yang bisa dilakukan melalui media sosial. Artinya, kamu perlu melakukan branding diri sendiri di media sosialmu.

Misalnya, kamu adalah mahasiswa DKV, kamu bisa mempublikasikan hasil karyamu atau cara membuat karya di Instagram atau TikTok. Jika kamu penulis maka sertakan link tulisan yang memuat karyamu.

Itulah 5 tips persiapan lulus kuliah yang perlu diketahui mahasiswa tingkat akhir. Pastikan edunewser mempersiapkan semuanya sebelum melamar pekerjaan!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 085171117123

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  085171117123

Copyright © 2016 @edunews.id

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com