Kampus

Bina Desa di Rammang Rammang, FISIP Unhas Dorong Peningkatan Kapasitas Pariwisata

Pembukaan Bina Desa oleh FISIP Unhas di Kawasan Desa Wisata Salenrang, Dusun Rammang Rammang Kabupaten Maros, Selasa (21/6/2022).

MAROS, EDUNEWS.ID – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar bina desa di Kawasan Desa Wisata Salenrang, Dusun Rammang Rammang Kabupaten Maros, Selasa (21/6/2022).

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Maros, Kepala Desa Salenrang, Kepala Dusun Rammang Rammang, warga, dan berbagai elemen desa lainnya.

Wakil Dekan 3 FISIP Unhas, yang diwakili Muh. Adnan Kasogi, dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan pengabdian masyarakat yang menjadi bagian Tridharma Perguruan Tinggi.

Adapun materi yang akan disampaikan berupa materi pemetaan potensi wisata beserta pemasarannya untuk mendukung peningkatan kapasitas pariwisata Rammang Rammang.

“Di kampus, keilmuan yang dimiliki mesti punya manfaat, diaplikasikan ke masyarakat. Jadi kami pilih di Rammang Rammang, karena tempatnya menarik, banyak hal yang bisa dieksplor,” terang Adnan.

Sementara itu, Kepala Desa Salenrang menyambut kegiatan ini dan berharap agar materi yang diberikan dapat diaplikasikan dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat setempat.

“Alhamdulillah, pemerintah desa sekarang banyak bermitra dengan instansi dan perguruan tinggi. Ini agar desa lebih maju. Apalagi kalau materinya soal pemetaan potensi desa. Di sini kan masih kurang pemetaannya,” ujarnya.

Kepala Dinas PMD Maros, Idrus berharap agar kegiatan ini menghasilkan rekomendasi yang mampu mendorong kemajuan desa Salenrang, khususnya Dusun Rammang Rammang.

“Bagus kalau nanti bisa jadi desa mandiri. Ini sudah banyak rekomendasi dan intervensi dari luar. Sisa masyarakatnya bagaimana merespon semua itu. Jadi tidak ada alasan Salenrang tidak maju,” tukasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com