Kampus

Jelang Kuliah Tatap Muka, 1.240 Mahasiswa dan Dosen Unhas Ikuti Swab Antigen

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Sebanyak 1.240 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan tenaga pendidik Univeristas Hasanuddin telah mengikuti Test Swab Antigen di JK Arenatorium, Kamis-Jumat (14-15/10/2021).

Hasil pengambilan sampel swab antigen kepada sivitas akademika yang akan mengikuti uji coba perkuliahan tatap muka terbatas semester awal Tahun Akademik 2021/2022 telah didapatkan hasil yang maksimal.

Tim tenaga kesehatan Fakultas Kedokteran dan Fakultas Keperawatan Unhas memastikan tidak ditemukan adanya hasil sampel yang reaktif pada gejala Covid-19 terhadap seluruh peserta yang telah mengikuti screening test.

Pernyataan tersebut juga dibenarkan langsung oleh dr Munawir M Biomed mewakili Satgas Covid-19 Unhas sebagai tim medis pelaksana swab antigen. dr. Munawir menjelaskan proses pelaksanaan tes swab antigen secara massal yang dilakukan Unhas merupakan bentuk komitmen dalam upaya pencegahan penyebaran dan pengendalian wabah Covid-19 di lingkungan kampus, sebelum mulai memasuki kegiatan kuliah tatap muka.

“Sampel swab antigen ini menggunakan sampel lendir dari dalam hidung, sehingga hasilnya dirasa lebih akurat dibanding rapid test antibodi. Pemeriksaan ini merupakam langkah skrining awal guna mendeteksi infeksi virus corona dan dilanjutkan dengan test PCR jika ditemukan hasil yang reaktif,” kata dr Munawir.

Lebih lanjut, dr Munawir menuturkan walaupun dalam pemeriksaan tes telah ditemukan hasil yang negatif, namun diharapkan kepada seluruh mahasiswa yang akan mengikuti perkuliahan  tetap menjaga protokol kesehatan, baik selama berada dalam lingkup kampus maupun selama berada di luar kegiatan perkuliahan.

“Selama uji coba perkuliahan tatap muka, kami akan tetap mengawal segala prosedur penerapan protokol kesehatan di setiap fakultas. Jika dibutuhkan, tim Satgas Covid-19 akan kembali melakukan screening lanjutan secara bertahap, sebagai bahan evaluasi pelaksanaan perkuliahan yang efektif selama masa pandemi,” ujar dr Munawir.

Dwab antigen merupakan salah satu bentuk kesiapan Unhas dalam proses pembelajaran tatap muka. Kesiapan lainnya juga ditunjukkan dari seluruh sivitas akademika Unhas sudah menerima vaksin secara lengkap. Selama proses pelaksanaan swab antigen pula, para mahasiswa dan dosen antusias hadir di lokasi swab.

 

 

 

rilis

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top