EDUNEWS

Undip Akan Gelar Kuliah Tatap Muka, Begini Skemanya!

SEMARANG, EDUNEWS.ID-Universitas Diponegoro (Undip) segera melakukan uji coba kuliah tatap muka. Kesiapan ini disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Undip Budi Setiyono melalui situs resmi Undip

“Kita akan memilih mata kuliah-mata kuliah tertentu di setiap program studi. Mungkin di setiap program studi ada tiga mata kuliah yang akan diuji coba,” kata Budi dikutip dari detikcom, Rabu (22/09/2021).

Budi mengatakan, uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) akan dilakukan usai ujian tengah semester. Perkuliahan ini nantinya akan memperhatikan protokol kesehatan (prokes).

“Jadi misalnya, dipersyaratkan peserta yakni mahasiswa sudah vaksin, dosen juga sudah vaksin, lalu kemudian, sedapat mungkin mereka berasal dari daerah yakni kabupaten dan kota di PPKM level 2 ke bawah,” paparnya.

Tak hanya itu, Budi mengatakan mahasiswa juga diminta menyampaikan riwayat kesehatannya melalui formulir yang dibagikan. Kapasitas uji coba kuliah tatap muka ini juga hanya dibatasi 25 persen di tiap kelas.

“Kita akan minta mahasiswa melaporkan berbagai riwayat kesehatan. Jadi, ada formulir yang dibagikan ke mereka agar kita bisa melakukan antisipasi terkait kondisi mahasiswa tersebut. Kita juga memastikan maksimal kapasitas 25 persen dari setiap kelas pada uji coba,” imbuhnya.

Undip membuat skema PTM secara bergiliran. Jadi, sebagian mahasiswa lainnya tetap kuliah secara daring.

“Jadi nantinya akan bergiliran siapa yang ikut di perkuliahan di setiap kelas yang akan diikuti oleh mahasiswa,” ujar Budi.

Selain itu, Undip akan mengukur berbagai konsekuensi terkait kuliah tatap muka. Menurut Budi, Undip akan mendalami, mendata, dan menjaring masukan yang relevan terkait pelaksanaannya.

Pada uji coba ini, secara teknis dipastikan akan dilakukan model hybrid learning, yaitu model pembelajaran campuran daring dan luring. Maka menurut Budi, kapasitas internet menjadi hal yang dipertimbangkan.

Baca Juga :   Kemenkopolhukam Bentuk Tim Khusus Tangani TPPO Mahasiswa di Jerman

“Untuk mendukungnya dibutuhkan kapasitas dari wifi maupun juga kebutuhan-kebutuhan lain yang berkaitan dengan media pembelajaran maupun juga smart kelas. Sehingga dosen pada satu sisi hadir di kelas, pada sisi lain, juga bisa diakses pembelajarannya secara online. Ada kombinasi online dan offline pada saat mengikuti mata kuliah itu,” kata Budi.

Penyelenggaraan kuliah tatap muka Undip berdasarkan izin Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk melakukan uji coba PTM. Dengan catatan, harus berkoordinasi dengan pemerintah dan disertai laporan harian sebagai akumulasi pelaksanaan evaluasi mingguan. (int/dtk)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com