Kampus

Komisi X Cari Solusi Atasi Kekurangan Mahasiswa di PTS

ANGGOTA KOMISI X DPR RI, SUTAN ADIL HENDRA saat Kunjungan Kerja di Sulawesi Tengah, kemarin (1/11/2016).

PALU, EDUNEWS.ID – Ketua Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah IX Sulawesi Andi Niartiningsih menuturkan, peminat PTS di Sulteng terus mengalami penurunan disebabkan adanya penerimaan mahasiswa baru yang begitu besar di perguruan tinggi negeri (PTN).

Pihaknya, mengkritik kebijakan PTN yang melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui beberapa pintu, sehingga tidak memberikan kesempatan bagi PTS untuk menerima mahasiswa baru.

Mengenai hal tersebut, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Sutan Adil Hendra mengatakan akan mencarikan solusi atas permasalah tersebut. Sutan menjelaskan bahwa Komisi X DPR periode 2014-2019 pernah melakukan kunker ke Sulteng pada 23-27 Februari 2015.

“Salah satu kesimpulan dari hasil kunjungan tersebut adalah pertumbuhan dan perkembangan pendidikan di Sulteng berjalan cukup baik dengan kondisi APK pada tahun 2014 untuk Perguruan Tinggi 13%. Kondisi ini, perlu secara terus menerus ditingkatkan dan perlu diiringi dengan perbaikan sarana dan prasarana pendidikan tinggi,” kata Sutan saat Kunjungan Kerja di Sulawesi Tengah, kemarin (1/11/2016).

Sutan juga ingin mendorong peningkatan sarana dan prasarana pendidikan. Tanpa itu, kualitas pendidikan sulit terjamin.

“Kita butuh sumber daya manusia. Tetapi, tanpa sarana dan prasarana akan sangat sulit,” terang Sutan.

Saat ini, Sulawesi Tengah mempunyai 7 universitas, 13 sekolah tinggi dan 3 akademi.

To Top