Kampus

Menristekdikti : Dosen Harus Miliki Kompetensi Dasar dan Pedagogis

 

 

SEMARANG, EDUNEWS.ID – Dosen harus memiliki kompetensi dasar dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Kompetensi dasar meliputi kompetensi profesional terkait kedalaman akademik dan pengetahuan serta kompetensi pedagogis terkait penguasaan dosen pada berbagai macam pendekatan.

Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), M Nasir, dalam acara pengarahan tentang revolusi industri 4.0 di Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (28/3/2018).

Selain kompetensi dasar, lanjut Menristekdikti, dosen juga memiliki kompetensi kepribadian yakni kesanggupan dosen untuk menampilkan dirinya sebagai teladan serta kompetensi sosial yakni kemampuan dosen untuk menghargai kemajemukan.

Dia menyatakan dosen harus mengubah metode selama ini dan harus punya kemampuan. Seorang dosen harus punya rasa ingin tahu yang tinggi, kreatif, komunikatif, dan kolaborasi. “Dosen tidak boleh menyebar kebohongan dan fitnah, tapi harus bisa menginspirasi mahasiswa,” tambahnya.

Menurut Nasir, tantangan yang dihadapi dosen muda saat ini, antara lain masuknya perguruan tinggi asing, formasi dosen ke depan akan digantikan dengan teknologi serta kesenjangan antara dosen dengan mahasiswa yang merupakan generasi milenial.

To Top