Kampus

Menteri Lukman Resmikan STIQSI Lamongan

LAMONGAN, EDUNEWS.ID – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meresmikan Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran dan Sains Al-Ishlah (STIQSI) Pesantren Al-Ishlah Lamongan, Jawa Timur. Peresmian ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan pendirian STIQSI dari Kementerian Agama dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti.

Peresmian STIQSI sekaligus menghadiri Syukuran 30 Tahun Pondok Pesantren Al-Ishlah Sendangagung, Paciran, Lamongan, Jawa Timur, Kamis (19/1/2017).

Lukman mengatakan keberadaan sains akan lebih memberikan bobot bagi perkembangan peradaban dunia melalui masyarakat Indonesia. Menurutnya, pilihan mendirikan Sekolah Tinggi Al-Quran dan Sains adalah pilihan yang sesungguhnya khas, karena tidak banyak menjadi pilihan bagi mereka yang akan mendirikan sekolah tinggi keagamaan.

Pesantren yang berada di pesisir Pantai Utara Lamongan ini didirikan oleh KH M Dawam Sholeh. Dalam sambutannya Dawam menyampaikan muasal ia mendirikan pesantren, dimulai dari dari tidak ada satu genteng dan batu bata pun, dari mulai rumah gedek ukuran 10×9 meter, dengan 10 santri, ia merintis pesantren ini. Pada 13 September 1986, pesantren Al-Ishlah ini resmi didirikan.

Saat ini, pontren Al-Ishlah memiliki ribuan santri, seluruh santri menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris sebagai bahasa percakapan sehari-hari.

 

To Top