Kampus

Menteri Nasir : Perguruan Tinggi Mesti Kembangkan Kuliah Online

 

 

YOGYAKARTA, EDUNEWS.ID – Perguruan tinggi di Indonesia diminta mengembangkan perkuliahan dengan sistem online (dalam jaringan/daring). Dengan sistem ini, akan makin banyak anak bangsa yang mengenyam pendidikan tinggi.

“Kapasitas dan kualitas pendidikan tinggi musti fleksibel lintas ruang dan waktu dengan menggunakan teknologi in­formasi dalam era revolusi industri 4.0,” kata Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan (Menristekdikti), Mohammad Nasir, saat kuliah umum di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Kamis (22/3/2018).

Perkuliahan online, kata Nasir, juga mesti memenuhi standar pembelajaran online, meliputi aspek sistem, proses pembelajaran, pendidik dan dosen, serta dukungan infra­struktur teknologi informasi.

Dalam kesempatan itu, Memristekdikti juga mendorong penerapan teknologi digital dalam pengelolaan riset. Per­guruan tinggi dan lembaga penelitian dan pengembangan (litbang) wajib mengharmonisasikan hasil-hasil riset pe­ngembangan dan penerapan teknologi melalui Lembaga Manajemen Inovasi.

To Top