Kampus

PDIP Bantu Siswa Masuk PTN

 
 
JAKARTA, EDUNEWS.ID – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan kembali menggelar Program Try Out Nasional Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBM-PTN). Acara yang digelar secara serentak di 34 Provinsi dan Kabupaten/Kota ini akan berlangsung pada Minggu, 29 April 2018.
Program Try Out merupakan salah satu program kerja strategis DPP PDI Perjuangan Bidang Pemuda dan Olahraga (Pora), pada dunia pendidikan. Hal itu sesuai yang ditetapkan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri pada Rakernas III PDI Perjuangan di Bali, 23-25 Februari 2018.
“Kegiatan Try Out ini juga menjadi cita-cita PDI Perjuangan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara,” kata Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemuda dan Olahraga, Sukur H Nababan di Kantor DPP PDIP Jakarta, Kamis (26/4/2018).
Menurut Sukur Nababan, Try Out bisa menjadi sarana para siswa SLTA/sederajad agar berhasil masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit di Indonesia. Diketahui, banyak siswa yang gagal saat tes untuk masuk perguruan tinggi favorit lantaran secara psikologis banyak siswa yang grogi saat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).
“Gagalnya para siswa saat tes umumnya karena persoalan kecil seperti grogi, salah dalam menentukan jurusan hingga lupa absen. Nah, dengan digelarnya Try Out diharapkan para siswa mampu memahami situasi saat tes SBMPTN,” kata Anggota DPR RI ini.
Lebih lanjut, Sukur menegaskan PDI Perjuangan berkomitmen untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan siap memfasilitasi siswa SLTA/sederajad dalam menghadapi SBMPTN. Ia menjelaskan materi Try Out yang disajikan juga hampir mirip dengan soal yang keluar dalam SBMPTN setiap tahunnya.
Try Out ini akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, melalui semua pengurus partai, mulai DPP, DPD, DPC dan PAC di bidang Pemuda dan Olahraga (Pora). Menurutnya, peserta kegiatan Try Out SBMPTN ini ditargetkan sebanyak 600 ribu siswa.
Try Out akan diikuti oleh para siswa, mulai kelas 11 dan XII yang merupakan lulusan SMA/sederajat atau rentang usia 16-21 tahun. Untuk diketahui, DPP PDIP Bidang Pemuda dan Olahraga (Pora), sebelumnya telah menyelenggarakan Program Try Out Nasional secara serentak di seluruh Indonesia pada tahun 2016.
Saat itu, kegiatan Try Out diikuti sekitar 300.000 pelajar yang dibuka langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri pada 21 Mei 2016 di Gor Ciracas Jakarta Timur. “Try Out SBMPTN 2016 juga mendapat ‘Rekor MURI’ dengan kategori peserta terbanyak yang dilakukan serentak se-Indonesia,” ucap Sukur.

To Top