Kampus

Ratusan Mahasiswa Undana Ikuti Pendidikan Bela Negara

KUPANG, EDUNEWS.ID – Sebanyak 150 mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi Universitas Nusa Cendana (Undana) tahun 2016/2017, mengikuti pelatihan pendidikan bela negara di Lanud El Tari Kupang di lapangan Lanud El Tari Kupang, kemarin (11/11/2016) siang.

Komandan Lanud (Danlanud) El Tari, Kol. Pnb. Jorry S. Koloay, S.IP mengatakan, mahasiswa sebagai kader bangsa Indonesia wajib memahami arti bela negara dalam menjaga kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa. Mahasiswa juga diharapkan mempelopori berkobarnya semangat bela negara sebagai kontribusi terbaik bagi bangsa ini.

Koloay juga berterima kasih dan memberi apresiasi kepada Rektor Undana dan jajarannya yang memberi kepercayaan kepada Lanud El Tari untuk bersama-sama membangun program bela negara dalam rangka pembinaan karakter generasi muda.
Apalagi kerjasama Undana dan Lanud El Tari dalam menggelar pelatihan pendidikan bela negara merupakan yang pertama kalinya.

“Khusus kegiatan bela negara ini, kami akan arahkan mahasiswa kepada pembentukan karakter supaya generasi muda kita bisa memiliki rasa cinta kepada negara, punya kebanggaan kepada negara Indonseia yang kita cintai bersama,” kata Koloay.

Mahasiswa, kata Koloay, merupakan kelompok anak bangsa yang akan meneruskan perjuangan dan mempertahankan NKRI. Kalau mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa mengalami krisis dan degradasi nasionalisme, maka sangat penting untuk segera disikapi.

Sementara Rektor Undana, Prof. Fred Benu juga memberi apresiasi kepada Danlanud El Tari serta jajaran TNI AU Lanud El Tari yang siap membekali 150 orang mahasiswa Undana supaya bisa hidup berkarakter baik di kampus.

Mendidik para mahasiswa tentang moral dan kejujuran, karena generasi muda Indonesia kini sedang mengalami kehilangan nilai kejujuran.

Menurut Prof Benu, kepintaran dan kecerdasan seorang mahasiswa menjadi tidak penting jika tidak berperilaku jujur dan bisa menipu. Untuk apa masyarakat menilai orang kampus intelek, tetapi tidak cukup berkarakter yang baik.

Karena itu, Prof Fred Benu berharap, para mahasiswa bisa mengikuti pelatihan pendidikan bela Negara dengan serius. Supaya nantinya menjadi mahasiswa yang cerdas dan pintar tetapi juga berperilaku serta berkarakter baik.

To Top