Pendidikan

Ini Alasan SMPN 3 Magetan Kembalikan Iuran Wali Murid

ilustrasi

MAGETAN, EDUNEWS.ID – Kepala SMPN 3 Magetan Sukarno membenarkan pengembalian uang iuran insidentil kepada orangtua wali murid. Ini dilakukan setelah sekolah paham adanya larangan penarikan iuran untuk menunjang mutu pendidikan.

“Terkait Perpres 87 tahun 2017 soal Sapu Bersih Pungli. Kami insan pendidikan tidak ada yang memberi sosialisasi soal aturan Presiden itu secara detil, baik dari pemerintah maupun PGRI. Makanya karena di Permendiknas, pendidik dibiayai pemerintah dan masyarakat termasuk orangtua murid, kami beranggapan itu tidak dilarang,” kata Sukarno, Kamis (26/1/2017).

Menurut Sukarno, ketidaktahuan tidak hanya dialaminya seorang diri, hampir seluruh sekolah di Kabupaten Magetan belum paham masalah Perpres Saber Pungli itu. Makanya sampai kenaikkan kelas kemarin, sekolah melalui persetujuan Osis dan komite, menghimpun sumbangan untuk peningkatan pendidikan.

“Karena tidak tahu secara detail Perpres 87/2017, kami insan pendidkan bukan orang hukum, makanya kalau tidak ada yang memberi pemahaman soal Perpres itu, salah paham pasti bisa terjadi. Karena itu kami memilih segera mengembalikan iuran siswa itu,” kata Sukarno.

To Top