Pendidikan

Anggaran PAUD 2017 Naik Rp 1,55 triliun

irektur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas) Harris Iskandar saat Temu Evaluasi Program Pendidikan, dan Kesetaraan dan Rapat Koordinasi Percepatan Program Indonesia Pintar-Kartu Indonesia Pintar (PIP-KIP) Pendidikan Kesetaraan.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Meskipun anggaran Bantuan Operasional Dana Alokasi Khusus (BOP DAK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) baru terserap 29,4 persen dibulan Oktober, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tetap memberikan tambahan 1, 55 trilyun untuk PAUD, dari yang sebelumnya 2,3 triliun menjadi 3,58 triliun untuk tahun 2017.

“Tahun 2017 kami usulkan anggaran PAUD naik menjadi Rp 3,58 triliun dari 2,3 triliun, ujar Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas) Harris Iskandar beberapa waktu yang lalu.

Harris berharap dengan adanya peningkatan anggaran ini dapat meningkatkan mutu PAUD di seluruh Indonesia, oleh sebab itu seluruh Kepala Dinas Pendidikan di Kabupaten dan Kotamadya, agar segera mempercepat serapan anggaran BOP DAK tahun 2016 sehingga tidak terjadi sisa (silpa) anggaran.

“Jika terjadi silpa maka pengajuan tambahan tersebut bisa saja tidak disetujui dan bahkan malah bisa dikurangi, untuk itu semua Kadis agar lebih proaktif sehingga serapannya tinggi. Karena ditahun depan semua urusan PAUD dan Dikmas diserahkan ke kabupaten/kota, sejalan dengan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah,” terang Haris

Harris menambahkan ditahun mendatang Pemerintah Pusat hanya menerbitkan aturan saja.

To Top