Pendidikan

‘Guru PAUD Berperan Tentukan Karakter Anak’

 

 

PADANG, EDUNEWS.ID – Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat, Prof Ganefri mengatakan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran dalam menentukan keberhasilan generasi muda di masa mendatang.

“PAUD memiliki peranan penting dalam menentukan karakter anak di masa mendatang, oleh karena itu pendidikan pra-sekolah harus dilakukan oleh orang yang tepat,” katanya usai menandatangani kerja sama UNP dengan Pemkot Padang Panjang terkait pelatihan guru PAUD di Padang, Jumat (9/3/2018).

Menurutnya saat ini perkembangan teknologi begitu pesat sehingga sebagai seorang pendidik guru harus mampu melakukan terobosan baru dalam mengajar.

“Sumber pembelajaran tidak lagi terfokus pada guru namun sumber itu dapat ditemukan di internet, apabila guru tidak melakukan inovasi maka mereka akan tertinggal oleh anak didik mereka sendiri,” terangnya.

Mendidik siswa pra sekolah sepertinya merupakan hal sederhana akan tetapi faktanya tidak semua guru mampu menjadi guru PAUD yang berkompeten. “Untuk itulah kami hadir memberikan pelatihan kepada guru PAUD yang bertugas di Kota Padang Panjang ini,” ujarnya.

Ia menambahkan melalui nota kesepahaman ini pihaknya bertekad melakukan pelatihan terhadap guru PAUD. “Apabila dibutuhkan kami juga siap memberikan pelatihan terhadap guru-guru SD dan SMP di Padang Panjang,” kata dia.

Pelaksana tugas Wali Kota Padang Panjang, Irwan menyebutkan kerja sama bidang pendidikan antaran UNP dengan Pemerintah Padang Panjang telah lama berjalan dan saat ini pihaknya melakukan perpanjangan.

“Dalam periode kali ini kami mengirim sebanyak 240 guru PAUD untuk belajar di UNP dengan harapan untuk meningkatkan kemampuan mengajar guru tersebut,” tambahnya.

Ia mengatakan tidak semua guru PAUD di Padang Panjang terpilih dalam program ini namun mereka harus melalui seleksi terlebih dahulu untuk mengikuti pelatihan ini. “Kita berharap guru yang mengikuti pelatihan dapat menyerap ilmu yang diberikan dan mampu mempraktekkan di daerah nantinya,” katanya.

Dalam penandatanganan nota kesepahaman tersebut juga dihadiri oleh Wakil Rektor I Prof Yunia Wardi, Wakil Rektor III Prof Ardipal, Wakil Rektor IV Syahrial Bakhtiar, Ketua Lembaga, Direktur Pascasarjana.

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com