Pendidikan

Masa Depan Anak Ditentukan Air dan Sanitasi Sekolah yang Bersih

Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial

BANDUNG, EDUNEWS.ID – Pendidikan dan kesehatan merupakan suatu hal yang berjalan secara beriringan. Anak-anak yang sedang dalam masa usia sekolah membutuhkan tubuh yang sehat supaya dapat menerima materi pelajaran dan bersekolah dengn baik.

“Dengan demikian kelangsungan kesehatan dan pendidikan menjadi penting, agar anak menjadi cerdas dalam belajar dan sehat dalam hidupnya,” kata Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial saat memberikan sambutan pada acara Wash (Water, Sanitation and Hygiene) In Schools International Learning Exchange (WinS ILE) di Plaza Balai Kota Bandung, kemarin (15/11/2016).

Oded menyampaikan, yang terjadi sekarang ini masih banyak sekolah sekolah yang tidak meiliki fasilitas dan akses pada air bersih dan sanitasi bersih. Hal ini akan membuat anak-anak menderita penyakit ringan yang dapat berdampak besar pada perkembangan fisik dan mental serta membatasi mereka untuk meraih hasil yang terbaik dalam pendidikan mereka.

Oded menambahkan, setiap pendidikan terbaikpun tidak menjamin kemampuan akademik yang tinggi saat anak-anak sering sakit atau menderita.

“Untungnya hadir program WinS ILE yang digagas Unicef dan bekerja sama dengan Kemendikbud RI, program yang juga termasuk kedalam program usaha kesehatan sekolah (UKS) yang sudah diimplementasikan sejak tahun 1980,” jelasnya.

Ia menambahkan, dengan hadirnya program ini semoga dapat meningkatkan penyediaan akses fasilitas air bersih, sanitasi, dan perilaku hidup bersih dan sehat. “Insya Allah anak-anak sekolah di Kota Bandung bisa menerapkan kebersihan untuk diri sendiri dan lingkungan,” jelasnya.

To Top