Pendidikan

Pemerintah Pastikan Sertifikasi Guru Tetap Ada

ILUSTRASI

METRO, EDUNEWS.ID – Sebagaimana amanah Presiden Joko Widodo ada empat prioritas kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang tengah berjalan. Empat prioritas yang belakangan ini digadang-gadang adalah tentang tentang penguatan peran guru, revitalisasi SMK, distribusi Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan penguatan pendidikan karakter.

“Sertifikasi guru tetap jalan, jangan percaya isu yang mengatakan pemerintah menghentikan tunjangan profesi guru. Yang ada adalah memperbaiki kualitas guru, apalagi untuk yang sudah tersertifikasi,” jelas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajir Effendy saat di SMK Negeri 2 Metro, Lampung, Sabtu (19/11/2016).

Muhajir mengatakan, guru memiliki posisi strategis dalam membentuk karakter anak-anak didiknya, selain keluarga dan masyarakat. Di tangan guru-lah kurikulum yang sebenarnya ditumpukan. Namun disayangkan problematika yang dihadapi guru nampaknya semakin berat.

“Beban guru menghadapi perubahan zaman yang berpengaruh pada perilaku anak-anak perlu dihadapi dengan pendekatan tersediri, yakni pendidikan karakter yang baik,” ujar mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini.

To Top