Pendidikan

Pengurangan Mata Pelajaran UN 2017 Dinilai Tak Berpengaruh Signifikan

Anggota Komisi X DPR RI Reni Marlinawati

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Anggota Komisi X DPR RI Reni Marlinawati menyatakan, beban siswa dalam persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN) 2017 akan lebih ringan. Pasalnya pada UN tahun ini akan dilakukan pengurangan jumlah mata pelajaran. Dengan demikian, siswa akan memiliki keahlian tertentu sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing. Namun, secara subtansi, pengurangan jumlah mata pelajaran UN tak akan berpengaruh signifikan terhadap hasil evaluasi pendidikan nasional.

“UN ini mau diberikan 4 atau 6 mapel sama saja. UN tidak jadi legitimasi mutu pendidikan nasional,” ujar Reni di Jakarta, kemarin (5/1/2017).

Reni menyatakan, masyarakat juga tak perlu khawatir dengan kemungkinan adanya intervensi dari sekolah terkait UN mapel yang akan dipilih siswa sesuai jurusan. Menurut dia, pada akhirnya siswa tetap akan memilih mapel yang paling mereka kuasai meskipun ada kemungkinan tak sesuai dengan arahan dari guru.

“Itu (penentuan mapel) bisa diserahkan pada siswa, tidak masalah juga kalau siswa diarahkan oleh guru. Guru kan akan menyarankan mengambil mapel yang sesuai dengan bakat siswanya juga. Pengurangan mapel ini harusnya membuat nilai UN jadi semakin lebih bagus,” ucapnya.

Setelah gagal memoratorium UN, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengubah pelaksanaan UN pada tingkat SMA. Siswa akan tetap mengikuti UN tiga mapel wajib, yakni Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Namun, untuk mapel tambahan sesuai jurusan, siswa hanya wajib mengambil satu mapel saja. Untuk jurusan IPA, siswa memilih satu mapel di antara Fisika, Kimia dan Biologi, sedangkan untuk jurusan IPS siswa memilih di antara mapel Ekonomi, Sosiologi dan Georafi.

Untuk jurusan Bahasa dan Budaya, siswa memiliah satu mapel di antara Sastra Indonesia, Antropologi atau bahasa asing lainnya seperti Bahasa Arab, Jerman, Jepang dan lain sebagainya. Kebijakan tersebut berbeda dengan tahun ajaran 2016 yang mewajibkan siswa SMA semua jurusan untuk mengikuti enam mapel UN.

To Top