Pendidikan

Prihatin, ke Sekolah, Pelajar di Majalengka Harus Lewati Sungai

MAJALENGKA, EDUNEWS.ID – Sejumlah pelajar SDN Nunuk dan SMP Islam Nunuk terpaksa harus menyeberangi Sungai Cisuluheun selebar 50 meter saat pergi dan pulang sekolah karena jembatan penyeberangan putus, Minggu 29 Januari 2017. Mereka yang menyeberangi Sungai Cisuluheun adalah warga yang tinggal di Blok Citayeum dan Blok Cirelek.

Yang paing dikhawatirkan adalah murid SD kelas I. Mereka belum mampu menyeberangi sungai karena kedalaman air sungai pada saat-saat tertentu bisa sepinggang orang dewasa. Mereka biasanya diantar orangtuanya atau warga yang kebetulan berada di pinggir sungai.

Ironisnya, saat hujan deras datang, air sungai biasanya meluap dan sungai tidak bisa diseberangi, para pelajar ini terpaksa meliburkan diri. Aliran sungai deras dan sangat berisiko jika memaksa untuk menyeberang saat air meluap.

Jaja Sujai, kepala SMP Islam Nunuk, menyebutkan bahwa belakangan hujan deras terus mengguyur wilayah Desa Nunuk, sehingga air sungai terus meluap. Meski demikian, selama bisa diseberangi maka anak tetap bisa sekolah.

“Setiap pagi dan siang ada warga yang berusaha menyeberangkan anak-anak sekolah terkecuali bila air sungai mulai surut,” kata Jaja.

Tita dan Ina murid SD mengaku setiap pagi diantar orangtuanya saat menyeberang sungai. Setelah itu, mereka berjalan kali menuju sekolah. Sementara saat pulang sekolah, mereka berkumpul di pinggir sungai untuk bersama-sama menyeberangi sungai.

Jaja mengatakan, ia berharap jembatan yang ada di wilayahnya segera diperbaiki agar semua murid sekolah bisa melintasi jembatan saat berangkat dana pulang sekolah, sehingga mereka bisa aman dan nyaman saat berangkat dan pulang sekolah disamping itu guru-guru juga bisa tenang ketika murid pulang sekolah tidak dihantui rasa was-was dan khawatir dengam murid-muridnya.

“Jembatan yang rusak bagian kirmir habis tergerus air. Bahkan sejumlah tiang listrik juga rusak hingga hampir seminggu ini di Nunuk mati lampu,” kata Jaja.

 

Sumber : Pikiran Rakyat

To Top