Pendidikan

Sebanyak 594 Mahasiswa Jakarta Terima KJMU

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Sopan Andrianto

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Mahasiswa dari keluarga miskin di DKI Jakarta yang mendapat bantuan dari pemerintah semacam program Kartu Jakarta Pintar (KJP) sebanyak 594 orang. Mereka kini tengah menuntut ilmu di 74 perguruan tinggi negeri yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air.

“Program bantuan untuk anak SD, SMP, dan SMA atau yang sederajat, namanya Kartu Jakarta Pintar (KJP),” kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Sopan Andrianto, kemarin (6/11/2016).

Sedangkan bantuan bagi kalangan mahasiswa namanya Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU).

“Jumlah penerima masih sangat terbatas, cuma 594 orang, jauh di bawah KJP yang jumlahnya lebih dari setengah juta siswa,” tambahnya.

Pada tahun 2016, bantuan KJMU merupakan tahun pertama mulai digelontorkan kepada mahasiswa. Bantuan ini khusus diberikan kepada warga DKI dari keluarga miskin namun berprestasi di bidang pendidikan. Penerima KJMU adalah siswa SMA atau sederajat yang sebelumnya menerima KJP.

“Jika mereka diterima masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia, maka mereka berhak mendapatkan KJMU,” papar Sopan.

Adapun bantuan KJMU untuk tiap mahasiswa masing-masing sebesar Rp 1,5 juta/bulan atau Rp 18 juta/tahun. Kemungkinan besarnya bantuan ini nantinya akan ditambah lagi, terutama bagi mahasiswa di luar daerah yang butuh biaya kos.

To Top