Regulasi

Kisruh BBM Subsidi, Pakar Kebijakan Publik Unhas Tekankan Pengawasan Implementasi

Amril Hans, S.AP., MPA, Pakar Kebijakan Publik Universitas Hasanuddin

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Pakar Kebijakan Publik Universitas Hasanuddin, Amril Hans, menekankan perlunya pengawasan lebih di ranah implementasi terkait BBM bersubsidi yang ditetapkan pemerintah.

Hal ini disampaikannya dalam Diskusi Publik yang digelar Aliansi Mahasiswa Rakyat Miskin Kota di Lampu Merah Cafe, Sabtu (8/1/2022).

Pertama, Amril menyoroti masyarakat yang seringkali memperhatikan kebijakan hanya saat dicanangkan, tetapi minim pengawasan saat kebijakan tersebut diimplementasikan. Akhirnya, banyak tuntutan masyarakat yang dihadirkan tanpa solusi konkret.

“Pengurangan atau bahkan penghapusan Premium hanyalah salah satu pertimbangan dalam mengurangi emisi gas. Ada faktor penting yang perlu disoroti, yakni perilaku konsumtif masyarakat yang membuat konsumsi Premium tidak terkendali. Makanya pemerintah coba tekan konsumsi Premium yang mencemari lingkungan,” ujarnya.

Adapun penghapusan Premium secara bertahap tentu memberi dampak pada sektor lain. Hal inilah, kata Amril, yang perlu diawasi dengan sebaiknya.

“Baca Perpres. Saya yakin subsidi itu tetap ada. Tapi tahu, tidak? Hasil penelitian Bank Dunia, sekitar 72% subsidi BBM tidak tepat sasaran. Itu masalahnya,” ungkapnya lagi.

Terakhir, Dosen Ilmu Administrasi Publik FISIP Unhas ini menekankan agar subsidi BBM lebih tertata dan disalurkan dengan tepat sasaran.

“Yang penting adalah bagaimana sektor-sektor produktif yang ada di Indonesia diberikan BBM bersubsidinya. Bukan kepada sektor atau oknum oknum yang bermain hanya untuk menguntungkan diri sendiri,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com