SEKOLAH

Ratusan SD di Mukomuko Jambi Kekurangan Toilet

ILUSTRASI

MUKOMUKO, EDUNEWS.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan, masih banyak sekolah dasar (SD) di daerah tersebut yang mengalami masalah kekurangan toilet untuk siswa.

“Hitungan kami sebanyak 130 SD di daerah ini masih kekurangan sebanyak 260 toilet untuk siswa,” kata Kabid Pendidikan Sekolah Dasar pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Suryono, di Mukomuko, kemarin (5/11/2016).

Berdasarkan hitungan, lanjut Suryono, sebanyak 130 SD membutuhkan sebanyak 800 toilet. Yang ada sekarang ini baru sebanyak 520 toilet.

“Jumlah kebutuhan toilet itu berdasarkan data jumlah siswa yang tersebar di 130 SD yang mencapai 24.000 orang siswa,” tambah Suryono.

Dari jumlah siswa tersebut, katanya, idealnya satu toilet itu untuk sebanyak 40 orang siswa laki-laki, dan satu toilet untuk sebanyak 30 orang siswa perempuan. Karena masih banyak sekolah kekurangan toilet, katanya, sehingga siswa laki-laki membuang air kecil di bawah batang sawit.

“Lahan sekolah di daerah ini masih luas sehingga anak-anak membuang air kecil sembarangan di bawah pohon sawit,” ujarnya.

Suryono menerangkan, pemerintah setempat sampai sekarang masih keterbatasan anggaran membangun kekurangan toilet di sekolah dasar di daerah ini. Ia mengatakan, tahun ini pemerintah setempat baru bisa membangun toilet untuk dua sekolah daerah di daerah itu, yakni SD di Kecamatan Lubuk Pinang dan SD di Kecamatan V Koto.

“Kita berharap bantuan anggaran dari pemerintah pusat untuk membangun toilet untuk siswa SD di daerah ini,” ujarnya.

To Top