Gaya Hidup

4 Kesalahan Diet ini yang Justru Picu Penuaan Dini

Ilustrasi Diet

JAKARTA, EDUNEWS.ID- Ketika berbicara tentang diet, hal pertama yang mungkin dipikirkan banyak orang adalah bagaimana agar tubuh menjadi kurus. Namun, diet sehat tentunya tidak sekadar itu, karena Anda harus mempertimbangkan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Alih-alih ingin memiliki tubuh yang ideal dan terlihat muda, kesalahan dalam diet malah bisa berdampak buruk pada kesehatan kulit, misalnya memicu kerutan dini, bercak, hingga kulit kendur. Dilansir dari She Finds, Kamis (12/8/2021), berikut empat kesalahan diet yang bisa mempercepat penuaan dini.

1. Kurang antioksidan
Antioksidan sangat penting untuk meningkatkan metabolism dan membantu menjaga kulit tetap segar dan sehat lebih lama.

Antioksidan juga bisa melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, sehingga kekurangan antioksidan dapat membuat kulit kendur dan mengalami penuaan dini.

Diet kaya antioksidan seperti blueberry dapat membantu memerangi kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan umur panjang.

“Ketika ada lebih banyak radikal bebas daripada antioksidan, sel-sel kulit kita mulai melemah dan menunjukkan tanda-tanda penuaan. Kolagen dan elastin adalah dua protein yang memberi struktur kulit kita, tetapi kebiasaan gaya hidup yang buruk dapat mempercepat kerusakan pada protein ini yang dapat membuat kulit kita kendur dan meningkatkan garis-garis halus dan kerutan,” kata konsultan dermatologis, Rachael Burns.

2. Terlalu banyak gula

Selain tidak sehat untuk kesehatan, konsumsi terlalu banyak gula juga berdampak besar pada kesehatan kulit, terutama dalam hal penuaan.

Diet yang tinggi gula bersifat pro-inflamasi dan juga mempromosikan mikrobioma usus yang tidak sehat. Menurut Burns, kedua variabel ini telah terbukti mempercepat proses penuaan.

“Menariknya, penelitian dari Mount Sinai School of Medicine telah menunjukkan bahwa hal ini bisa dibalikkan jika makanan manis dan makanan olahan dihilangkan dari diet, seperti yang ditunjukkan oleh penurunan penanda inflamasi,” kata Burns.

Sebagai solusi, ganti gula dengan menambahkan buah ke dalam makanan. Buah beri dikemas dengan antioksidan yang dapat membantu membalikkan kerusakan akibat kelebihan gula

3. Tidak makan ikan
Ikan adalah tambahan penting untuk diet, karena bisa memberikan banyak lemak sehat yang meningkatkan kesehatan dan memperlambat penuaan.

Secara khusus, salmon menawarkan asam lemak omega-3 yang cukup, menghidrasi kulit dan mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

“Tidak seperti kebanyakan lemak lainnya, lemak omega-3 dianggap penting dan harus diperoleh dari makanan kita, karena tubuh tidak dapat memproduksinya secara alami. Setidaknya, makan ikan 2 sampai tiga kali seminggu untuk menuai manfaat anti-penuaan,” kata Burns.

4. Kekurangan buah
Buah-buahan dan sayuran sangat penting untuk diet yang sehat dan bisa mencegah kerutan karena kaya kandungan vitamin dan mineral. Artinya, kekurangan asupan buah bisa berdampak negatif pada kulit.

“Tidak cukup makan buah dan makanan lain yang tinggi vitamin C dapat berkontribusi terhadap penuaan, terutama penuaan kulit. Vitamin C diperlukan untuk sintesis kolagen, yang merupakan jenis protein yang dibutuhkan untuk membantu menjaga kulit Anda tetap elastis, awet muda, dan kencang,” kata ahli gizi, Heather Hanks. (int/rep)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); });