Gaya Hidup

Berikut 7 Tips Diet yang Baik untuk Kesehatan

Ilustrasi.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Diet sehat tak hanya memberikan hasil turun berat badan, melainkan memberikan banyak manfaat, seperti mengurangi risiko penyakit kronis sekaligus menjaga kesehatan tubuh jangka panjang.

Asal-asalan menjalankan diet ketat dan dengan cara yang tidak sehat, mungkin hanya memberikan efek penurunan berat badan sementara seperti yoyo.

Supaya berat badan tak cepat kembali naik maupun memberikan efek buruk bagi kesehatan, simak 7 tips diet yang baik yang bisa kamu terapkan, dihimpun dari Healthline.

1. Cukupi Asupan Serat

Pelaku diet sehat disarankan untuk makan makanan yang kaya akan serat misalnya sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan lebih banyak makanan berserat selama diet dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat dan konstan.

2. Kurangi Makanan Mengandung Gula Tambahan

Gula tambahan terutama dari minuman manis adalah alasan utama kenaikan berat badan yang tidak sehat. Selain itu, asupan gula berlebih dapat mengundang penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung.

Namun, perlu dicatat bahwa makanan yang mempromosikan sebagai makanan yang ‘sehat’ atau ‘organik’ bisa sangat tinggi gula. Maka dari itu, selalu baca label nutrisi sebelum membeli makanan untuk diet.

3. Konsumsi Makanan Lemak Sehat

Lemak sering kali menjadi komponen pertama yang dibuang ketika berusaha untuk menurunkan berat badan. Padahal jenis lemak sehat justru dapat membantu capaian diet yang berhasil.

Faktanya, menjalankan mengonsumsi makanan dengan lemak sehat seperti minyak zaitun, alpukat, ikan, dan kacang-kacangan telah terbukti memaksimalkan penurunan berat badan.

Terlebih lagi, jenis lemak sehat ini membantu perut kenyang lebih lama.

4. Sarapan Kaya Protein

Tips diet yang baik bagi kesehatan selanjutnya adalah mengonsumsi makanan kaya protein saat sarapan. Sarapan adalah fase makan penting dalam sehari yang tak boleh dilewatkan.

Memilih menu kaya protein seperti telur saat sarapan bermanfaat membantu proses metabolisme. Di sisi lain, meningkatkan asupan protein di pagi hari juga dapat menghindari keinginan ngemil yang tak terkendali.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Minum cukup air putih sepanjang hari baik untuk kesehatan secara keseluruhan dan bahkan dapat membantu kamu mempertahankan berat badan yang sehat.

Satu studi terhadap lebih dari 9.500 orang menemukan bahwa mereka yang tidak cukup terhidrasi memiliki indeks massa tubuh yang lebih tinggi dan lebih mungkin mengalami obesitas.

Selain itu, orang yang terbiasa minum air putih sebelum makan akan cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori.

6. Kurangi Karbohidrat

Karbohidrat sederhana seperti gula serta pasta, mi instan, dan roti putih mengandung serat yang rendah. Sebaliknya, pilih sumber karbohidrat kompleks seperti gandum, biji-bijian seperti quinoa dan barley serta sayuran seperti wortel dan kentang.

Karbohidrat kompleks membantu membuat kenyang lebih lama serta mengandung lebih banyak nutrisi daripada sumber karbohidrat olahan.

7. Pilih Olahraga yang Tepat

Aktivitas olahraga tertentu dapat membakar lebih banyak kalori. Namun, kamu tidak boleh memilih olahraga hanya berdasarkan referensi orang lain.

Penting untuk menemukan olahraga yang tepat untuk tubuhmu sehingga terbangun hasrat untuk rutin menjalankan olahraga.

Itulah 7 tips diet yang baik sekaligus dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

 

 

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top