Gaya Hidup

Berikut Mencegah Kacamata Berembun Akibat Pemakaian Masker

EDUNEWS.ID – 3 Cara Mencegah Kacamata Berembun Akibat Pemakaian Masker saat Wabah Corona.

Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat menyarankan semua orang untuk memakai masker saat di luar rumah, pada awal April lalu.

Mereka menyatakan penggunaan masker kain untuk masyarakat biasa, dan masker bedah atau N95 bagi para petugas medis yang melayani pasien.

Tapi bagi para pengguna kacamata, masker bisa jadi bumerang karena bisa mengganggu penglihatan. Ini akibat embun atau uap yang menempel di kacamata sehingga pengelihatan jadi kabur.

“Embun yang menghalangi kacamata akan mengurangi kemamphan lensa untuk mengirimkan kontras gambar yang jelas,” kata artikel yang diterbitkan Annals of The Royal College of Surgeons of England, mengutip laman Forbes, Jumat (17/4/2020).

Tapi tidak usah panik, karena ada sejumlah tips yang bisa dilakukan agar kacamata tidak berembun.

Berikut tiga cara agar kacamata tidak berembun akibat pemakaian masker:

1. Letakkan Tisu di Dalam Masker

Jika Anda melipat tisu melintang secara horizontal dan meletakkannya di antara wajah dan masker, ini akan menjadi semacam jembatan dari hidung. Sehingga bisa menghalangi kelembaban uap air dari napas dan akan diserap oleh tisu. Sehingga uap air tidak sampai ke kacamata dan membuat berembun.

2. Pakai Masker Dengan Lekukan Hidung

Beberapa masker memiliki kawat di bagian atas hidung, dan apabila di tekan di bagaian atas hidung masker, maka uap air tidak akan keluar melalui celah atas dan berhembus melalui mulut.

3. Cuci Kacamata Dengan Air Sabun

Mencuci kacamata dengan air sabun akan membuat lensa menjadi tipis, sehingga molekul air akan menyebar merata sehingga uap air tidak akan menghalangi pandangan.

 

 

sra

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top