Kesehatan

Mengapa Terlalu Banyak Kopi Membuat Sulit Tidur? Ini Jawabannya!

EDUNEWS.ID– Minum kopi seringkali membuat sulit tidur dan terjaga sepanjang malam. Apakah hal ini sering kali dialami oleh edunewser?. Itu adalah efek kandungan kafein dalam kopi.

Kopi memang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Kandungan kafein yang terdapat pada kopi dapat membantu meningkatkan mood, metabolisme, dan performa tubuh.

Bahkan sejumlah studi juga telah menunjukkan bahwa kopi aman dikonsumsi dalam dosis yang rendah hingga sedang. Namun, apabila dikonsumsi secara berlebihan, kafein justru dapat memberikan efek samping seperti sulit tidur.

Kandungan kafein bukan hanya ada di kopi tapi juga di teh, cokelat, dan beberapa minuman ringan yang sering dikonsumsi banyak orang.

Kandungan Kafein dalam Kopi
Melansir laman Britannica, kafein menjadi salah satu stimulan paling populer di dunia dan paling sering dikonsumsi dalam kopi. Seseorang bisa menjadi sulit tidur karena menstimulasi senyawa yang disebut adenosin.

Adenosin dalam tubuh ini yang membuat tubuh bisa mengantuk. Nah, kafein ini akan menghambat kerja adenosine receptor dalam tubuh sehingga membuat tubuh terhindar dari rasa kantuk.

Efek yang Dihasilkan
Berapa lama dosis kafein mempengaruhi tubuh dapat bervariasi sesuai dengan sejumlah faktor, seperti umur, genetika, kesehatan fisik, dan waktu mengonsumsi. Namun, dalam kebanyakan kasus, efeknya bertahan sekitar lima atau enam jam.

Untuk mencegah masalah tidur terkait kafein, disarankan agar konsumsi kafein dibatasi hingga empat cangkir kopi per hari dan cangkir terakhir dikonsumsi paling lambat tengah hari.

Bisa juga beralih ke kopi atau teh bebas kafein juga dapat membantu. Menurut American Academy of Pediatrics, anak-anak dan remaja harus menghindari konsumsi kafein berat.

Baca juga : Terungkap! Kopi Bisa Mengatasi Masalah Ketombe

Cara Menetralkan Kafein
Beberapa cara bisa dilakukan untuk menetralkan efek kafein sehingga lebih cepat tertidur dikutip dari Fox News, di antaranya:

– Ciptakan suasana yang tenang
Di bawah pengaruh kafein, tubuh membutuhkan usaha lebih keras untuk bisa jatuh tertidur. Agar lebih mudah, sebisa mungkin jangan sampai ada benda-benda yang dapat mengalihkan perhatian seperti pesawat TV, komputer, ponsel serta video game di kamar tidur.

– Lakukan gerakan-gerakan ringan
Berbagai penelitian membuktikan olahraga secara teratur bisa mengatasi gangguan susah tidur. Namun dalam kondisi darurat ketika butuh segera tidur, olahraga ringan yang dilakukan sekali waktu juga bisa membantu menetralkan efek kafein akibat kebanyakan minum kopi.

– Minum segelas susu hangat
Segelas susu hangat banyak mengandung triptofan, sejenis protein yang di dalam tubuh akan diubah menjadi hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon ini sangat dibutuhkan untuk menghadirkan rasa kantuk sebelum seseorang bisa jatuh tertidur.

Nah, itulah alasan mengapa terlalu banyak kopi bisa sulit tidur. edunewser jangan lupa takaran kopinya dikontrol ya…

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top