Kesehatan

Sejumlah Manfaat Konsumsi Kurma Bagi Tubuh Saat Berbuka Puasa

EDUNEWS.ID -Memasuki Ramadhan, salah satu makanan yang identik dengan bulan ini adalah kurma. Tak hanya lezat, kurma ternyata mengandung banyak manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kurma diketahui kaya akan gizi dan nutrisi. Selain itu kurma juga mengandung sejumlah vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang baik untuk mencegah penyakit.

Berikut 7 manfaat kurma yang baik untuk kesehatan, dikutip dari Healthline:

1. Bergizi

Kurma merupakan buah yang kaya akan gizi. Buah ini mengandung beberapa vitamin, salah satunya B6. Selain itu kurma juga mengandung mineral, serat dan juga antioksidan yang baik untuk tubuh.

2. Kaya akan serat

Kurma mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Satu kurma diketahui mengandung tujuh gram serat. Kandungan serat dalam kurma dapat bermanfaat mencegah sembelit, serta melancarkan buang air besar (BAB).

3. Tinggi kandungan antioksidan

Dibandingkan buah lain, kurma mengandung beberapa jenis antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari penyakit. Tiga jenis antioksidan yang terdapat di dalam kurma, di antanya flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Ketiganya diyakini dapat menangkal dan mengurangi penyakit kronis, seperti diabetes, alzheimer, jantung, kanker hingga diabetes.

4. Cegah penyakit alzheimer

Sebuah studi menemukan bahwa kurma bermanfaat untuk menurunkan penanda inflamasi, seperti interleukin (IL-6) di otak. Kandungan flavonoid pada kurma ini dikenal dapat meningkatkan kesehatan pada otak dan mengurangi peradangan serta mencegah penyakit alzheimer.

5. Membantu persalinan pada wanita

Mengkonsumsi kurma pada masa kehamilan dapat meningkatkan dilatasi serviks dan membantu persalinan pada wanita. Kurma mengandung tanin, senyawa yang terbukti membantu memfasilitasi wanita saat mulai kontraksi dan membantu persalinan.

6. Pemanis alami yang baik

Kurma mengandung fruktosa, yang merupakan jenis gula alami yang ditemukan dalam buah. Rasa manis dalam kurma dapat menjadi pemanis alami yang sehat dibandingkan gula putih.

Baca Juga :   Perhatikan! 4 Tips Makan Sahur untuk Penderita GERD

7. Tingkatkan kesehatan tulang

Kandungan beberapa mineral dalam kurma, seperti fosfor, kalium, kalsium dan magnesium dapat meningkatkan kesehatan tulang. Kandungan ini bermanfaat dapat mencegah osteoporosis pada tulang.

dtk

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com