Komunitas

Pameran REPUBLIK dibuka Umum, Hadirkan 19 Perupa Sulselbar Pada Hari Sumpah Pemuda

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Memanfaatkan momentum Hari Sumpah Pemuda setiap tanggal 28 Oktober, sebuah pameran seni rupa bertajuk Revolusi Esok Pagi (REP) akan digelar di Rumata’ Artspace Makassar pada Jumat – Ahad (28-30/10/2022)

Pameran yang mengangkat tema REPUBLIK ini akan diikuti 19 perupa dari Sulawesi Selatan dan Barat.

Hal ini dipastikan setelah penyelenggara mengadakan pertemuan di Sombala Art, Kamis (20/10/2022) kemarin, yang membahas kesiapan teknis peserta pameran.

“Revolusi Esok Pagi tahun ini bertepatan Hari Sumpah Pemuda sebagai upaya kontribusi kesenian. Spirit dari sumpah pemuda itulah yang akan kami ambil untuk mengaitkan pada tema pameran republik tahun ini,” ujar Ashabul Kahfi, selaku Manajer Pameran.

Selain pameran lukisan dari 19 perupa, akan digelar beberapa kegiatan seperti talkshow isu isu sosial politik dan manajemen kesenian, Artis Talk yang akan mengajak pengunjung ngobrol langsung bersama para perupa mengenai proses kreatif serta karya yang dipamerkan, serta mengisi aktivitas malam dengan beberapa pertunjukan musik akustik dan sastra, pemutaran film.

Hal lain yang juga menarik adalah saat pembukaan pameran, Jumat (28/10/2022). Usai salat Jumat akan digelar Stadium General “Posisi Kesenian dalam Hubungan Negara dan Publik” dan penampilan Performance Art oleh Alif Anggara bersama kelompok Sombala Art.

Di hari terakhir, akan ada penampilan pantomim dari komunitas 4 Titik yang merupakan kelompok seni anak anak muda difabel tuli bisu. Selain lukisan, ada sebuah karya instalasi dari Yaya dan karya video mapping dari Danar.

“Untuk lukisan akan didisplay dalam ruang gallery Rumata’ Artspace. Sementara untuk panggung akustik, baca puisi, talkshow dan Artis Talk akan memanfaatkan halaman belakang Rumata’. Karya instalasi seni rupa juga dipajang di halaman belakang,” jelas Alif Aflah Yafie selaku Manager Artistik.

Baca Juga :   IPC dan LSKP Fasilitasi Organisasi Masyarakat Sipil se-Sulsel, Advokasi Transisi Energi Berkeadilan

Penyelenggara berharap pameran seni rupa ini bisa menjadi ruang bertemu para perupa dan publiknya juga sarana pertemuan dan informasi buat karya perupa dan kolektor seni.

Karenanya, penyelenggara membuka pameran ini untuk umum secara gratis.

Diketahui REP tahun 2022 ini merupakan tahun ketiga setelah REP pertama (2020) yang menggagas tema “Nelayan & Petani” dan tahun kedua (2021) bertema “Persimpangan”.

Penyelenggara pameran REP ini sendiri adalah Artifact, Kelana Artspace, Merupa, dan didukung penuh oleh Rumata’ Artspace.

Beberapa tokoh politik, akademisi, budayawan, pekerja seni, perupa, hingga aktivis NGO serta kolektor dan pengusaha mengonfirmasi akan hadir.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com