Komunitas

Tragedi Mapala UII, ini Sikap Pecinta Alam se-Jogja

YOGYAKARTA, EDUNEWS.ID –  (Sekber PPA) Daerah Istimewa Yogyakarta mengeluarkan pernyataan sikap bersama terkait jatuhnya korban meninggal dunia dalam pelaksanaan The Great Camping Mapala Unisi Yogyakarta.

Sekber PPA DIY menyampaikan rasa belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga korban meninggal dunia Muhammad Fadhly, Syait Asyam, Ilham Nurfadmi Listia Adi, dan Keluarga Besar Mapala Unisi Yogyakarta pada khususnya seluruh pecinta alam di Indonesia pada umumnya.

“Mendukung sepenuhnya proses evaluasi internal Mapala Unisi Yogyakarta serta menghargai seluruh proses hukum yang sedang berlangsung terkait The Great Camping XXXVII sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” demikian isi poin ketiga surat yang ditandatangani Sekjen Sekber PPA DIY, Andy Gunawan, Jumat (27/1/2017).

Sekber PPA DIY juga mengajak selurult pecinta alam di Indonesia untuk selalu memegang teguh Kode Etik Pecinta Alam Indonesia dalam setiap kegiatan. Selain itu, mendukung sepenuhnya sistem pendidikan kepecintaalaman yang memerhatikan nilai-nilai dasar, prinsip, dan tujuan pendidikan yang terintegrasi dengan nilai-nilai HAM.

Sekber PPA DIY pun mengajak seluruh pecinta alam di Indonesia untuk selalu menerapkan prosedur keamanan dan keselamatan dalam setiap aktivitasnya. Serta siap memfasilitasi organisasi pecinta alam di DIYyang hendak melakukan evaluasi dan/atau pEngkajian ulang terhadap sistem pendidikan kepecintaalaman yang dilaksanakan, dengan tetap menghormati prinsip otonomi masing-masing organisasi.

To Top