Opini

HMI dan Kebangkitan Indonesia

Penulis

*Oleh Asrullah Dimas (Kandidat Ketua Umum HMI BADKO Sulselbar 2024)

OPINI, EDUNEWS.ID – Hari Kebangkitan Nasional mengandung makna sakral akan kesadaran kolektif dalam perjuangan Bangsa Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari cengkeraman penjajah.

Perayaan ini tidaklah mesti menjadi catatan sejarah yang terselip pada buku berdebu itu, tetapi menjadi simbol tegaknya semangat juang dan akan terus berdetak pada dada tiap warga negara Indonesia.

Dalam perjalanan panjang menuju kemerdekaan, HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) telah memainkan peran yang signifikan. Sebagai bengkel intelektual mahasiswa, HMI tidak hanya menjadi penyalur aspirasi, tetapi juga menjadi garda terdepan dalam menumbuh-kembangkan kesadaran nasional.

Dalam catatan sejarah pada umumnya, HMI telah lama menghibahkan dirinya untuk membangun Negara ini, mulai dari pasca kemerdekaan hingga hari ini.

HMI masih konsisten terhadap misi keislaman dan keindonesiaan dikarenakan HMI bukanlah suatu slogan belaka dan dia bukan pula adegan dan tak perlu arogan. Sebab Himpunan Mahasiswa Islam adalah akronim dari Harapan Masyarakat Indonesia sebagai mana yang dituturkan oleh Jendral Sudirman.

Melalui pengokohan identitas keislaman yang sealur dengan semangat kebangsaan, HMI menjadi pionir dalam membentuk karakter dan kualitas kepemimpinan yang berlandaskan nilai-nilai luhur bangsa.

Melalui perannya dalam gerakan kebangkitan nasional, HMI telah menanamkan nilai-nilai patriotisme, solidaritas, dan pengabdian abadi kepada bangsa dan negara di kalangan kadernya. Walau tidak seluruhnya.

Dengan mempelajari dan menghargai perjuangan para pahlawan yang kesusahan merebut kemerdekaan, HMI mengilhami generasi muda untuk terus berjuang dan berkarya dalam memajukan bangsa dan negara ini.

Tidak sampai di situ, HMI juga berperan sebagai katalisator perubahan sosial yang berkelanjutan. Melalui berbagai kegiatan advokasi terhadap isu-isu kemanusiaan dan ketimpangan yang terjadi, HMI membuktikan eksistensinya sebagai agen perubahan yang memiliki daya upaya dan berdampak bagi masyarakat banyak.

Baca Juga :   Paradigma Pendidikan Islam dalam Membina Pendidikan Keluarga

Untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional, peran HMI menjadi semakin penting dan relevan dalam menggugah semangat kebangsaan dan mempertegas komitmen terwujudnya cita-cita perjuangan para pahlawan.

Merontokkan penjajahan di Indonesia, bahkan di atas dunia. Dengan mengajak seluruh elemen masyarakat, terutama generasi muda, supaya turut serta dalam menjaga dan memperkuat fondasi bangsa.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional menjadi momentum yang berharga bagi HMI untuk terus menginspirasi, mendidik, dan membimbing generasi muda dalam menjejaki perjuangan bangsa menuju masa depan yang merdeka 100 persen.

Dengan menggelorakan semangat kebangkitan dan mengangkat harkat dan martabat bangsa, HMI mempertegas bahwa perjuangan untuk meraih kemerdekaan tidaklah berakhir pada proklamasi semata, melainkan merupakan komitmen yang harus terus diperjuangkan. Selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com