Nasional

Akademisi harap Jokowi Bersihkan Hoaks di Ruang Publik

KUPANG, EDUNEWS.ID – Pengamat politik dari Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang Mikhael Raja Muda Bataona meminta Joko Widodo untuk segera mengambil langkah tegas dengan membersihkan ruang-ruang publik dari hoaks dan fitnah.

“Langkah ini penting karena upaya delegitimasi terhadap kekuasaan negara lewat delegitasi pada lembaga-lembaga negara yang sah, akan menyebabkan meluasnya distrust (ketidakpercayaan) di tengah masyarakat,” ucap Mikhael Raja Muda Bataona kepada ANTARA di Kupang, Sabtu.

Mikhael Raja Muda Bataona mengemukakan hal itu menjawab pertanyaan seputar harapan terhadap Jokowi-Ma’ruf Amin dalam menyikapi ruang-ruang publik yang masih terus dipenuhi berita hoaks dan fitnah.

Selain rekonsiliasi di tingkat elite, menurut dia, hal yang sangat penting adalah segera membersihkan ruang-ruang publik dari hoaks dan fitnah.

“Penegakan hukum secara sangat ketat menjadi bagian integral dari langkah Jokowi ke depan,” tegas dosen Ilmu Komunikasi Politik dan Sistem Politik Indonesia itu.

Mikhael Bataona yang juga pengajar investigatif news dan jurnalisme konflik pada FISIP Unwira itu  mengutarakan bahwa  menertibkan para demagog dan peternak massa yang suka membangkitkan kebencian pada institusi negara.

“Aparat adalah sesuatu yang krusial dan sangat penting,” ujar serta Ilmu Teori Kritis pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unwira Kupang itu.

Artinya, menjaga relasi baik dan komunikasi politik yang humanis dengan semua pimpinan agama dan kekuatan masyarakat sipil (civil society) adalah mutlak bagi Jokowi-Amin, katanya.

Menurut dia, melupakan organisasi-organisasi massa yang moderat dan liberal sekuler akan menjadi masalah.

“Jadi, semua kekuatan politik ini perlu dikonsolidasikan secara baik demi stabilitas politik hingga pelantikan presiden pada bulan Oktober 2019 juga 5 tahun ke depan,” jelas Mikhael yang juga pengajar pengantar politik dan media dan budaya pada FISIP Unwira itu.

Baca Juga :   AHY Ungkap Prabowo Minta Siapkan Sejumlah Kader Demokrat untuk Jadi Menteri

ant

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com