Ekonomi

Bill Gates Ingatkan Krisis Keuangan seperti 2008 Bakal Terjadi Lagi

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menanggapi pernyataan pendiri Microsoft, Bill Gates, yang memprediksi krisis ekonomi global 2008 bakal berulang dalam waktu dekat, peneliti Indef, Bhima Yudhistira Adhinegara, menilai prediksi Gates itu juga berpotensi menular ke Indonesia.

“Siklus krisis bukan hanya dua dekade, tetapi terjadi 10 tahun sekali. Bahkan, ada yang lima tahun sekali, seperti 2008 kemarin ada kasus Century. Lalu, di Eropa pada 2013 krisis utang. Jaraknya makin pendek,” papar Bhima.

Menurut dia, proyeksi Gates itu didasarkan pada tren penguatan dollar AS terhadap sebagian besar mata uang dunia, termasuk rupiah, belakangan ini. Investor mengalihkan dana ke instrumen yang dinilai lebih aman terutama pada dollar AS sehingga menimbulkan capital outflow pada sebagian besar emerging markets.

Dalam satu diskusi interaktif pada satu laman, belum lama ini, Gates ditanya tentang kemungkinan dalam waktu dekat AS dilanda krisis lagi seperti pada 2008. Ia menjawab, sulit untuk menentukan kapan krisis itu terjadi, tapi itu satu kepastian.

Menurut Bhima, upaya yang bisa dilakukan pemerintah untuk mengantisipasi krisis adalah terus-menerus memperkuat fundamental ekonomi dengan memperbesar porsi industri manufaktur.

To Top