Ekonomi

Dropship, Solusi Bisnis dengan Modal Minim?

 

 

SURABAYA, EDUNEWS.ID – General Manager platform e-commerce WinMarket Bagus Cahyono berpendapat, kebutuhan modal besar sering dijadikan penghalang seseorang untuk memulai bisnis.

Padahal, dia mengatakan, untuk bisa memulai bisnis tidak harus punya modal besar. Bahkan, tanpa modal pun bisa memulai sebuah bisnis. “Salah satu bisnis yang bisa dijalankan dengan modal minim adalah melalui pola dropship,” kata Bagus dalam siaran persnya, Rabu (28/3/2018).

Bagus kemudian menjelaskan mengapa pola bisnis dropship tidak memerlukan modal. Menurutnya, seorang dropshiper tidak perlu memiliki stok barang. Stok dan pengiriman barang hanya cukup di pihak suplier. Artinya, dropshiper tinggal memasarkan barangnya via media daring.

“Orang mau berbisnis sekarang ini tidak perlu memikirkan beli ruko atau sewa tempat usaha untuk stok barang, tetapi optimalkan saja dunia online,” ujar pria yang juga menjabat sebagai ketua Asosiasi Digital Entrepeneur Indonesia wilayah Jawa Timur tersebut.

Bagus kemudian menyontohkan platform e-commerce yang dikelolanya, WinMarket yang diakuinya siap membantu orang yang ingin berjualan online tapi belum memiliki modal. Itu karena WinMarket memiliki dan menyediakan ribuan produk siap jual dari suplier terpercaya.

“Menariknya lagi, komisi dari hasil penjualan barang bisa dipilih sesuai keinginan dropshiper. WinMarket juga siap mengedukasi masyarakat Indonesia agar lebih familiar dengan sistem dropship,” ujar Bagus.

Dia mengatakan, cara ini bisa dilakukan untuk mengumpulkan dana sendiri. Komisi yang terkumpul nantinya bisa dimanfaatkan sebagai modal memulai usaha sendiri yang lebih besar. “Seperti itulah cara yang dilakukan beberapa orang yang terbatas modalnya,” kata Bagus.

To Top