Ekonomi

Jabat Dirut Pertamina, Ini ‘PR’ Nicke Widyawati

 
 
JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan perombakan jajaran direksi PT Pertamina (Persero). Salah satunya dengan menunjuk Nicke Widyawati sebagai Plt Direktur Utama BUMN‎ tersebut, menggantikan Elia Massa Manik.
Pengamat Ekonomi Institute fo Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira mengatakan, ada sejumlah hal yang menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Nicke Widyawati dalam menahkodai Pertamina.
Pemerintah Putuskan 100 Persen Hak Kelola 8 Blok Terminasi kepada Pertamina
Pertama melakukan negosiasi untuk menekan kerugian Pertamina akibat penugasan bahan bakar minyak bersubsidi.‎
“Tekan kerugian dengan negosiasi kembali kebijakan penyaluran BBM satu harga dan subsidi bbm yang beratkan keuangan Pertamina. Pemerintah harus mau menambah subsidi bbm jangan bebankan semua ke Pertamina. Ini butuh ketegasan direksi baru,” ujar dia di Jakarta, Senin (23/4/2018).
Kedua, meningkatkan kembali penyaluran BBM jenis Premium ke seluruh wilayah Indonesia. Hal ini penting jelang Ramadan dan Lebaran dan sebagai salah satu upaya untuk menjaga tingkat inflasi.
“Kembalikan penyaluran Premium yang sempat turun 50 persen di wilayah Jawa Madura Bali. Premium sangat penting untuk jaga daya beli jelang Lebaran,” kata dia.
Dan ketiga, mendorong peningkatan produksi minyak dan gas (migas) di dalam negeri. Pada kuartal I 2018, rata-rata produksi migas Pertamina tercatat 924 ribu barel setara minyak per hari. “Percepatan eksplorasi sumur baru dan tingkatkan produksi sumur existing,” tandas dia.

To Top