Ekonomi

Menunggu Realisasi Janji Buwas Berantas Mafia Pangan

 
 
JAKARTA, EDUNEWS.ID – Setelah resmi ditunjuk sebagai Direktur Utama baru Perusahaan Umum Badan Usaha Logistik (Perum Bulog), Budi Waseso berjanji akan menertibkan mafia pangan. Komisioner Ombudsman RI Lely Pelitasari Soebekty mendukung sikap Budi Waseso yang akan memberantas mafia pangan tersebut, tetapi haruslah berdasarkan prosedur yang ada.
“Jadi kalau terbukti silakan ditindak. Tentu kan akan ada prosedurnya entah teman-teman kepolisian ataupun dari sisi Bulognya,” ujar Lely dalam acara diskusi yang bertema ‘Ketahanan Pangan Jelang Ramadhan’ di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (28/4/2018).
Lely menyatakan, mengenai pemberantasan mafia pangan tersebut sebetulnya merupakan tugas dari pihak kepolisian. Sementara, Bulog sendiri hanya mempunya peran untuk membuat situasi harga dan mengamankan stok pangan tersebut.
“Tugas Bulog kemudian membuat situasi menjadi fair bagi seluruhnya. Kedua yang jelas tentu mengamankan stok dan khusus untuk kepentingan,” terang dia.
Lely Pelitasari Soebekty menilai, langkah yang harus dilakukan oleh Budi Waseso itu haruslah duduk bersama dengan regulator. Hal ini dikarenakan menurut Lely Bulog itu tidak mempunyai otoritas seperti dengan regulator.
“Saya kira gini Bulog ini bukan Kementrian yang mempunyai otoritas seperti regulator. Bulog ini operator maka yang harus dilakukan Buwas harus duduk bersama dengan regulator ini,” ujar Lely.
Kedua, sambung Lely, langkah yang harus dilakukan mantan kepala Badan Narkotika Nasional itu haruslah juga menyamakan persepsi guna mengetahui stok yang ada berapa harga yang ada di masyarakat. “Kemudian menyamakan data persepsi misalnya berapa sebetulnya produksi dan stok di masyarakat. Dan juga berapa harga yang diharapkan,” terangnya.
Selain itu, Lely juga meyakini Buwas mampu memimpin Bulog dengan baik dikarenakan pengalaman yang sudah dimiliki sebelumnya, seperti saat menjabat sebagai Kepala BNN. “Pak Buwas dengan pengalaman yang sudah dimiliki pasti bisalah. Dan jelas beliau harus perbanyak info sebanyak-banyaknya terutama dari dalam Bulog sendiri dan ditambah pelaku lainnya,” pungkasnya
Sebelumnya, Pria yang kerap disapa Buwas menyatakan bila ditemukan ada oknum yang melakukan kecurangan, dirinya pun siap melakukan tindakan tegas. Berangkat dari latar belakang kepolisian, Budi mengatakan, akan menertibkan bahkan menyingkirkan pihak yang melakukan kecurangan dalam stabilisasi pangan.
“Kalau harus singkirkan, ya singkirkan. Bagi siapa yang melawan kepentingan masyarakat ya akan berhadapan dengan masyarakat,” tegas Buwas.
Budi Waseso diangkat menjadi Dirut Bulog menggantikan Djarot Kusumayakti. Penetapan ini pun berdasarkan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-115/MBU/04/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog).

To Top